• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Pengaruh Sinetron terhadap Anak

    Pengaruh Sinetron
    Siapa yang tak kenal Sinetron?
    mulai anak Usia Tiga tahun sampai dengan Dalita ( di atas lima puluh tahun )semuanya tahu.biar itu di pedesaan atau perkotaan selagi signal TV bisa terjanngkau tidak mungkin tidak.
    Sinetron memang lagi ngetrend dan menguasai rating jumlah penonton pertelevisian Indonesia.
    sebagian kecil saja yang yang kurang tersentuh oleh acara yang satu ini,di antaranya bagi mereka yang belajar di pesantren yang memang penuh dengan kegiatan belajar hingga tidak ada waktu untuk bisa berlama lama di depan TV.


    Berdasarkan pengamatan pribadi saya.
    Dua bulan yang lalu saya banyak kegiatan yang membutuhkan waktu sampai malam,sehingga mengajak anak sekedar bermain aja tidak bisa.dan jalan satu satunya supaya anak tidak mengganggu kerja dengan membiarkannya anak berlama lama nonton acara TV.Sungguh luar biasa perubahan terjadi pada anak saya baik itu negative ataupun positive,tetapi lebih cenderung banyak negativenya.Berikut adalah perubahan yang mencolok pada anak saya dan mungkin juga terjadi pada anak anda.sangat jelek sekali :

     
    ·         Sebelumnya dia tidak pernah menyembunyikan sesuatu jika saya tanya,katakanlah
    Dia sudah mulai berkata bohong.

    ·         Sering bergaya seperti orang dewasa,bersolek di depan cermin sambil ngomong sendiri “Apa kabar Cintaku?”,kemudian saya tanya siapa yang ngajari?....
    “itu seperti yang di TV”.sambil menyebut nama pemain yang ada di salah satu sinetron TV.

    ·         Dan yang lebih bahaya lagi dia suka bicara kasar meniru adegan peran yang di lihatnya di TV.dan masih banyak lagi pengaruh jeleknya.bisa jadi kalau di biarkan kejiwaan anak akan tiba sebelum waktunya dalam hal yang negative.


    Tiga dari contoh yang terjadi pada anak saya sudah cukup membuktikan bahwa tayangan Sinetron di televisi sangat tidak baik buat kejiwaannya,Anak-anak adalah lembaran kertas putih yang selalu menunggu pena untuk menuliskan sesuatu .Dan dia akan terangsang untuk melakukan tindakan seperti apa yang di lihatnya di TV.Dengan apa yang terjadi pada anak saya lantas saya mencari cara yang tepat untuk mengalihkan ketergantungan anak saya pada acara sinetron.Berikut ini langkah yang sudah berhasil saya lakukan pada anak saya supaya tidak lagi terobsesi untuk melihat tayangan sinetro yang sudah membuatnya ketagihan.

    ·         Ajak anak Anda dan alihkan perhatiannya dengan mengajak bermain atau beraktifitas sesuatu yang membuatnya lupa pada saat sinetron ditayangkan.
    Karena anak-anak akan selalu mengingat saat jam berapa sinetron itu tayang.
    ·         Jangan putar acara TV.Anda bisa mengalihkan dengan memutar DVD tentang lagu anak-anak,Kartun Tom Jerry,Flora fauna,atau apa saja yang sifatnya pengetahuan.

    ·         Jangan di bentak.Dan lakukan no satu dan dua diatas setiap hari.dalam jangka satu minggu anak anda akan lupa kecanduannya dengan sinetron.

    Tiga langkah diatas saya rasa sudah bisa untuk membuat anak menghentikan pengaruhnya terhadap tayangan Sinetron.Jangan anggap ini hal biasa, sudah  banyak kejadian abmoral dilakukan oleh anak-anak ”Naudzu Billah”.Anak adalah nikmat Allah SWT yang tak ternilai dan pemberian yang tak terhingga. Tidak ada yang lebih tahu besarnya karunia ini selain orang yang tidak atau belum memiliki anak. Nikmat yang agung ini merupakan amanah bagi kedua orang tuanya, yang kelak akan dimintai pertanggung jawabannya, apakah keduanya telah menjaganya atau justru menyia-nyiakannya. Rasulullah SAW bersabda:


    Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang imam adalah pemimpin dan dia akan ditanya tentang kepemimpinannya, dan seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya dan dia akan ditanya akan kepemimpinannya (Muttafaq ‘alaih).

    Mudah-mudahan tip ini bermanfaat bagi Anda.

    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori ARTIKEL / TIP dengan judul Pengaruh Sinetron terhadap Anak . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2011/09/pengaruh-sinetron-terhadap-anak.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    Belum ada komentar untuk " Pengaruh Sinetron terhadap Anak "

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google