• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Kinerja System pendingin air pada komputer

    watercooler
    Sobat mungkin udah mengenal pendingin computer yang menggunakan air.Artikel ini sengaja saya buat untuk pembaca yang masih tahap belajar servis computer seperti saya.Dan akan saya coba menjelaskan bagaimana System kerja Water Cooler atau pendingin air itu bekerja.

    Sebuah sistem pendingin air ( Water Cooler )pada CPU .
    Air bersirkulasi melalui heat sink yang melekat pada CPU, Air memiliki konduktivitas termal lebih tinggi daripada udara. Karena itu, pendingin air lebih baik menjaga suhu komponen komputer tetap stabil dari pada menggunakan pendinginan dengan kipas internal yang umum di gunakan sekarang.


    Water cooler atau pendingin air terdiri dari enam komponen utama di antaranya adalah :
    • Water Blocks  
    Fungsinya adalah sebagai wastafel panas dari CPU.Bahan dasarnya adalah kotak logam datar yang memiliki dua pipa yang menonjol di satu sisinya.Sedangkan untuk sisi lain terpasang ke CPU dan komponen komputer lainnya seperti Northbridge motherboard dan unit pengolahan grafis (GPU).


    • Tubing/Tabung
    Pipa ini terletak menonjol dari blok air yang melekat pada tabung yang terhubung ke bagian lain dari sistem pendingin air. Pipa berfungsi sebagai sirkulasi landasan untuk pendinginan.

    • Radiator
    Radiator terletak di luar dari komputer. Merupakan converter tempat air panas didinginkan. Setelah didinginkan, air dipompa kembali ke dalam sistem. Dan ini pengguna bisa menambahkan kipas eksternal pada Radiator  untuk mempercepat proses pendinginan air.

    Reservoir
    Reservoir bekerja Extra menarik suhu panas dari dalam kemudian menguapkannya,Dan Air yang di hasilkan dari penguapan digunakan untuk menggantikan air yang hilang dari sirkulasi pendinginan.

    • Pump
    Pompa ini berfungsi untuk memompa air melalui sistem. Ini menentukan kecepatan di mana air mengalir melalui sistem. Pada casing komputer yang besar di butuhkan pompa yang besar dan ekstra kuat sehingga air dapat mencapai tingkat dorongan yang lebih tinggi.

    • Coolant
    Air pendingin sebaiknya menggunakan air suling, karena air keran yang mengandung mineral dapat membentuk plug di sepanjang dinding pipa dan berakibat penyumbatan pada sistem.

    Saya kira Cuma ini yang saya tahu dari kinerja system Water cooler pada computer.mudah mudahan bisa berguna bagi yang belum ngerti.

    salam,
    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori COMPUTER / TIP dengan judul Kinerja System pendingin air pada komputer . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2011/12/kinerja-system-pendingin-air-pada.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    6 komentar untuk " Kinerja System pendingin air pada komputer "

    WAYAN GERDIAN mengatakan...

    nambah ilmu ni postingannya
    mksi gan
    :D

    aryo kumoro aryo mengatakan...

    @WAYAN GERDIAN:mudah-mudahan gan.
    makasih kunjungannya

    Taman Bacaan mengatakan...

    lho...ada juga ya...baru tahu kali ini saya sobat
    wah, aktualllllllllllll banget ini.

    aryo kumoro aryo mengatakan...

    @Taman Bacaan:bisa ja sampean gan...
    makasih dah kunjung

    sprei murah mengatakan...

    thank Gan info and articles on your blog nice and helpful, always successful and best regards bloggers, bloggers from my blog sprei
    bed cover murah

    aryo kumoro aryo mengatakan...

    @sprei murah:makasih kunjungannya

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google