• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Halloween vs Gendruwo

    Halloween vs Gendruwo
    Apa sih sebenarnya Halloween?
    Halloween adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili." Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun.
    Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.

    Halloween berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno. Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut "Tahun Baru Kelt".Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin.
    Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sewaktu merayakan festival, orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang dari hewan yang mereka sembelih. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.

    Kemudian apa Gendruwo itu?
    Gendruwo adalah merupakan salah satu mahkluk halus yang sudah ada pada jaman kerajaan,hanya ada di Indonesia khususnya di daerah Jawa. Hingga saat ini belum ada yang mengakui keberadaannya kecuali orang Indonesia yaitu suiku Jawa.
    Gendruwo itu salah satu dari bangsa Jin yang menyerupai monyet ,berbadan besar berbulu hitam tebal sedikit kemerahan. Biasanya tempat yang di sukai seperti batu besar,pohon besar dan tua seperti beringin,juga di tempat yang gelap-gelap dan sepi.
    Pusat dari kerajaan Gendruwo di percaya kebanyakan orang jawa berada di hutan Jati Donoloyo, kecamatan Sloghimo, kurang lebih 60 km sebelah timur Wonogiri. Dan juga di kawasan Lemah putih,Purwosari,Giri mulyo,Kulon progo, kurang lebih 60 km sebelah barat kota Yogyakarta.

    Kegemarannya mahkluk halus yang satu ini,jika keluar dari sarangnya selalu membawa bekal makanan kesukaannya seperti singkong,dan sejenisnya.Yang lebih menyeramkan lagi dia berbau pengab,dan suka jail dengan kaum perempuan terutama yang sudah bersuami.Nah jika diantara pembaca ada yang suka iseng jailin istri orang itu sama artinya dengan Gendruwo.

    Demikian sobat dari kedua unsur di atas latar belakangnya sama dari sejenis mahkluk halus,tetapi hanya nama dan tempatnya saja yang membedakan.Tapi kenapa harus di rayakan?jawabannya adalah karena Tradisi.seperti halnya di Bali,ada hari khusus untuk memperingati hari raya Nyepi.yaitu hari datangnya Roh-roh jahat yang konon pada hari itu semua turun ke Bumi.Baca kembali Tradisi melasti.

    Kemudian mereka mensiasati dengan membuat patung yang mirip dengan raksasa.menurut kepercayaan roh jahat yang turun akan masuk ke dalam tubuh patung ogoh-ogoh.sehingga roh jahat itu tidak masuk ke dalam tubuh manusia dan mengganggunya.Baca kembali
    Mistis ogoh-ogoh desa Cepaka.

    Begitulah semua tradisi adalah warna kehidupan yang seiring dengan tempat juga kepercayaan masing-masing.

    Happy bloging.

    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori ARTIKEL dengan judul Halloween vs Gendruwo . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2012/11/halloween-vs-gendruwo.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    Belum ada komentar untuk " Halloween vs Gendruwo "

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google