• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Dalam bulan Desember

    desember
    Tanpa terasa kita sudah mendekati akhir tahun.berbagai peristiwapun telah berlalu dari ingatan kita.Hanya sekedar sebagai pengingat bahwa bulan Desember banyak terjadi moment penting dalam sejarah di seluruh dunia.Apa saja yang terjadi ?...silahkan sobat baca di bawah ini.

    Dunia dalam bulan Desember


    1 Desember 1640 - Sebuah revolusi nasionalis di Portugal menyebabkan kemerdekaan dari Spanyol sebagai garnisun Spanyol diusir dari Portugal.
    1 Desember 1822 - Dom Pedro, pendiri Kekaisaran Brasil, dinobatkan sebagai kaisar pertama Brasil.
    1 Desember 1918 - Islandia diberikan kemerdekaan oleh parlemen Denmark.
    1 Desember 1919 - Lady Nancy Astor menjadi wanita pertama di British House of Commons.
    Desember 1, 1925 - Perjanjian Locarno ditandatangani oleh Perancis, Belgia dan Jerman, sebagai ukuran preventitive untuk menghindari perang yang lain, pada masa setelah Perang Dunia I . Ketentuan dari Pakta Locarno dijamin oleh Inggris dan Itali

    1 Desember 1941 - The Patroli Udara Sipil Amerika (CAP), Angkatan Udara AS tambahan, didirikan sebagai Direktur Pertahanan Sipil, mantan Walikota New York LaGuardia Fiorello, menandatangani perintah formal. CAP saat ini menyediakan pendidikan kedirgantaraan, kadet program CAP, dan layanan darurat seperti lokasi pesawat yang hilang.
    1 Desember 1942 - Laporan Beveridge diterbitkan di Inggris membayangkan negara kesejahteraan termasuk asuransi bagi seluruh penduduk.
    1 Desember 1955 - Kelahiran gerakan hak-hak sipil Amerika modern terjadi saat Rosa Parks ditangkap di Montgomery, Alabama, karena menolak menyerahkan kursinya kepada seorang pria kulit putih dan pindah ke bagian belakang bus kota. Penangkapannya menghasilkan boikot selama setahun dari sistem bis kota oleh Afrika Amerika dan menyebabkan tindakan hukum mengakhiri segregasi rasial di bus-bus kota di seluruh Selatan.
    1 Desember 1988 - Benazir Bhutto dinominasikan untuk menjadi perdana menteri Pakistan, wanita pertama untuk memerintah sebuah negara Muslim.
    1 Desember 1989 - Mikhail Gorbachev menjadi pemimpin Rusia pertama Soviet untuk mengunjungi Vatikan dan bertemu Paus, sehingga mengakhiri 72 tahun kebijakan yang ketat ateis di Rusia Komunis.
    1 Desember 1990 - Inggris terhubung ke daratan Eropa untuk pertama kalinya sejak Zaman Es sebagai insinyur menggali terowongan kereta api bawah Selat Inggris menembus lapisan batuan terakhir.
    1 Desember 1994 - Kepala Komisi PBB tentang Rwanda diperkirakan 500.000 kematian telah dihasilkan dari genosida .



    2 Desember 1804 - Napoleon Bonaparte dinobatkan Kaisar Prancis oleh Paus Pius VII di Paris.
    2 Desember 1805 - Napoleon mengalahkan Rusia dan Austria pada Pertempuran Austerlitz.
    2 Desember 1823 - Presiden James Monroe memperkenalkan nya " Doktrin Monroe "selama tahunan pesan kepada Kongres, yang melarang segala kolonisasi lebih lanjut dari benua Amerika oleh kekuatan Eropa, menyatakan," kita harus mempertimbangkan setiap usaha di bagian mereka untuk memperluas sistem mereka untuk bagian manapun dari belahan bumi ini sebagai berbahaya bagi perdamaian dan keamanan kita ... "
    2 Desember 1852 - Kekaisaran Kedua diproklamasikan di Prancis dengan Napoleon III sebagai kaisar.
    2 Desember 1859 - Pemimpin perbudakan John Brown dieksekusi karena pengkhianatan di Charles Town, West Virginia, setelah serangan pada Arsenal AS di Harper Ferry.
    2 Desember 1942 - Fisikawan dipimpin oleh Enrico Fermi dilakukan reaksi pertama sukses di dunia berantai nuklir di University of Chicago.
    2 Desember 1954 - Senat AS mengecam Senator Joseph McCarthy untuk kesalahan berikut penyelidikan kejam nya ribuan Komunis dugaan.
    2 Desember 1971 - Uni Emirat Arab dibentuk, terdiri dari tujuh kerajaan Arab di pantai timur Semenanjung Arab termasuk negara-negara mantan Trucial Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Umm al Qaiwain dan Fujairah. Ras al-Khaimah menjadi anggota pada tahun 1972. Daerah ini memiliki beberapa cadangan terbesar di dunia minyak dan gas alam.
    2 Desember 1979 - Pemilih di Iran memilih sangat mendukung konstitusi baru memberi kuasa mutlak untuk Ayatullah Khomeini.
    2 Desember 1982 - Jantung buatan pertama permanen ditanamkan di 61 tahun Barney C. Clark oleh Dr William De Vries di University of Utah Medical Center di Salt Lake City. Clark, yang hampir mati pada saat operasi, selamat 112 hari setelah implantasi.
    Ulang - Georges Seurat pelukis Perancis (1859-1891) lahir di Paris. Ia adalah seorang pemimpin dalam gerakan neo-impresionis abad 19 akhir.

    3 Desember 1931 - kekuasaan legislatif Inggris memperoleh kemerdekaan lengkap sebagai Statuta Westminster memberikan status yang sama dengan kekuasaan Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Irlandia, dan Newfoundland.
    3 Desember 1962 - Edith Sampson dilantik sebagai hakim wanita pertama Afrika Amerika, setelah dia terpilih hakim asosiasi dari Pengadilan Kota di Chicago.
    3 Desember 1967 - Transplantasi jantung pertama yang berhasil dilakukan oleh Dr Christiaan Barnard di Cape Town, Afrika Selatan, pada Louis Washkansky, yang tinggal selama 18 hari.
    3 Desember 1984 - Sebuah kebocoran gas mematikan (dari metil isosianat) di pabrik Union Carbide di Bhopal, India, menewaskan sedikitnya 3.000 orang dan melukai lebih dari 200.000.
    3 Desember 1993 - Inggris Putri Diana mengumumkan ia melangkah keluar dari sorotan publik, menginginkan privasi lebih pantang menyerah di tengah perhatian dari pers tabloid dan 'paparazzi. "
    Ulang - Amerika potret pelukis Charles Stuart (1755-1828) dilahirkan dekat Narragansett, Rhode Island. Terbaik dikenal untuk potret nya George Washington, James Madison, James Monroe, dan Thomas Jefferson.
    Ulang - Polandia novelis Joseph Conrad (1857-1924) lahir di Ukraina (sebagai Josef Teodor Konrad Korzeniowski). Meskipun ia tidak bisa berbahasa Inggris pada usia 20, ia melanjutkan menjadi seorang novelis yang luar biasa, paling dikenal untuk cerita-cerita hidupnya pelaut termasuk Jantung Kegelapan dan Tuhan Jim.

    4 Desember 1791 - The Observer, sekarang koran Minggu tertua di dunia, pertama kali diterbitkan di Inggris.
    4 Desember 1829 - Inggris melarang praktik dari "suttee" di India di mana perempuan India tradisional membakar diri sampai mati di atas tumpukan kayu pemakaman suami mereka.
    4 Desember 1918 - Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia diproklamasikan.
    4 Desember 1943 - Selama Perang Dunia II , Konferensi Kairo kedua terjadi, yang dihadiri oleh Perdana Menteri Churchill, Presiden Roosevelt dan Presiden Turki Inonu.
    4 Desember 1991 - Sandera Amerika terakhir yang diselenggarakan di Libanon dirilis. Wartawan Terry Anderson dari Associated Press telah diculik pada tanggal 16 Maret 1985 dan ditahan selama 2.454 hari dengan Jihad Islam (Perang Suci) penangkapnya. Dia adalah salah satu dari 15 orang Amerika yang disandera untuk periode mulai dari dua bulan sampai lebih dari enam tahun. Tiga dari sandera, William Buckley, Peter Kilburn dan Letnan Kolonel William Higgins, tewas selama mereka ditawan. Yang lainnya dibebaskan satu atau dua sekaligus.
    Ulang - esais Skotlandia dan sejarawan Thomas Carlyle (1795-1881) lahir di desa Ecclefechan, Skotlandia. Dia menulis sejarah tiga volume Revolusi Perancis. Karya lain termasuk; Pahlawan dan Pahlawan-Ibadah, Hidup dan Surat dari Oliver Cromwell dan Frederick Agung.

    5 Desember 1492 - Haiti ditemukan oleh Christopher Columbus.
    5 Desember 1791 - Wolfgang Amadeus Mozart meninggal miskin pada usia 35 di Wina, Austria. Dia telah menjadi sakit parah dan cepat menurun, mengarah ke spekulasi bahwa ia telah diracuni, meskipun ini kemudian terbukti palsu. Selama hidupnya yang singkat, ia menciptakan lebih dari 600 komposisi musik dan secara luas dianggap sebagai salah satu komposer terbaik yang pernah hidup.
    5 Desember 1876 - Presiden Ulysses S. Grant menyampaikan pidato permintaan maaf kepada kesalahan Kongres mengklaim ia sebagai presiden adalah "kesalahan penghakiman, bukan niat."
    5 Desember 1933 - The 18 Amandemen (Larangan Perubahan) untuk Konstitusi AS dicabut. Selama hampir 14 tahun, sejak 29 Januari 1920, telah melarang pembuatan, transportasi, dan penjualan minuman beralkohol di AS
    5 Desember 1955 - Di Alabama, boikot bus di Montgomery mulai dalam menanggapi penangkapan Rosa Parks karena menolak menyerahkan kursinya di bus kota untuk seorang pria kulit putih. Diselenggarakan oleh komunitas Afrika Amerika, boikot berlangsung hingga 20 Desember 1956, ketika Mahkamah Agung penguasa AS terintegrasi sistem transportasi publik.
    5 Desember 1955 - AFL-CIO didirikan setelah dua organisasi buruh yang terpisah, Federasi Buruh Amerika dan Kongres Organisasi Industri, bergabung bersama-sama mengikuti 20 tahun persaingan, sehingga menjadi advokat terkemuka untuk serikat buruh di AS
    Ulang - Martin van Buren (1782-1862) ke-8 Presiden AS lahir di Kinderhook, New York. Dia adalah Presiden pertama yang lahir seorang warga Amerika Serikat. Ia menjabat dari 4 Maret 1837 sampai 3 Maret 1841.
    Ulang - George Armstrong Custer lahir di New Rumley, Harrison County, Ohio. Dia lulus dari West Point di bagian bawah kelasnya pada tahun 1861, kemudian menjadi seorang perwira kavaleri gagah dalam Perang Sipil dan bertempur di Bull Run. Dia diangkat brigadir jenderal dan menjabat gagah di Gettysburg dan dalam kampanye Virginia. Setelah perang, ia mengambil bagian dalam ekspedisi Barat terhadap bangsa Indian Sioux. Pada bulan Juni 1867, Custer dan lebih dari 200 tentara dari AS 7th Kavaleri dibunuh oleh prajurit Sioux di Little Bighorn di Montana.
    Ulang - Walt Disney (1901-1966) lahir di Chicago, Illinois. Sebagai seorang anak kecil, dia suka menggambar hewan ternak dan akhirnya mendapat pekerjaan sebagai seorang seniman. Dia pindah ke Hollywood dan pada tahun 1928 diproduksi Steamboat Willie, dibintangi Mickey Mouse, dalam kartun pertama dengan suara disinkronisasi. Pada tahun 1937, ia merilis panjang penuh film animasi, Putri Salju dan Tujuh Kurcaci. Dia membuka taman hiburan Disneyland di Anaheim, California, pada tahun 1955. Lima tahun setelah kematiannya, Disney World di Florida dibuka. Perusahaan yang ia dirikan telah berkembang menjadi kerajaan hiburan global.

    6 Desember 1492 - Pulau Hispaniola ditemukan oleh Christopher Columbus. Saat ini pulau ini dibagi antara Haiti dan Republik Dominika.
    6 Desember 1865 - The 13 Amandemen ke Konstitusi Amerika Serikat diratifikasi, menghapuskan perbudakan.
    6 Desember 1877 - Di laboratorium di West Orange, New Jersey, Thomas Edison ayat berbicara anak-anak "Mary punya Little Lamb ..." sementara menunjukkan fonograf nya yang baru diciptakan yang digunakan sebuah silinder bergulir dibungkus dengan kertas timah untuk merekam suara.
    6 Desember 1917 - Dua kapal bertabrakan di Halifax, Nova Scotia, mengakibatkan ledakan yang menewaskan lebih dari 1.500 orang dan melukai 8.000. Kapal Norwegia Imo bertabrakan dengan kapal munisi Prancis Mont Blanc yang sarat dengan persediaan untuk perang di Eropa, termasuk 5.000 ton TNT. Sebuah gelombang pasang yang disebabkan oleh ledakan menghancurkan sebagian besar kota.
    6 Desember 1921 - Negara Bebas Irlandia menjadi anggota independen dari Persemakmuran Inggris.
    6 Desember 1971 - Republik Demokratik Bangladesh, Pakistan Timur sebelumnya, diakui oleh India. Pakistan maka memutuskan hubungan diplomatik dengan India.
    Tanggal 6 Desember 1973 - Gerald Ford disumpah sebagai wakil presiden di bawah Richard Nixon menyusul pengunduran diri dari Spiro Agnew yang mengaku tidak ada kontes atas tuduhan penggelapan pajak penghasilan.
    6 Desember 1978 - Di Spanyol, sebuah konstitusi baru disetujui oleh referendum, menyediakan sebuah monarki konstitusional dan bentuk pemerintahan parlementer.
    Ulang - penyair Amerika Joyce Kilmer Alfred (1886-1918) lahir di New Brunswick, New Jersey. Terbaik dikenal untuk Pohon puisinya, yang diterbitkan pada tahun 1913. Dia tewas dalam aksi selama Perang Dunia I dekat Ourcy, Perancis. Tentara AS Camp Kilmer dinamai untuk menghormatinya.
    Ulang - Amerika lirik Ira Gershwin (1896-1983) lahir di New York City. Dia berkolaborasi dengan saudaranya George untuk menciptakan keberhasilan Broadway termasuk; Lady Be Good, Funny Face, Strike Up the Band, dan lagu-lagu seperti The Man Cinta, Seseorang ke Watch Over Me, dan I Got Rhythm.
    Ulang - wartawan foto Alfred Eisenstaedt (1898-1995) lahir di Dirschau, Prusia. Terbaik dikenal untuk foto sampul majalahnya Hidup, termasuk pelaut mencium seorang perawat di Lapangan Time, merayakan akhir Perang Dunia II.

    Desember 7, 43 SM - Cicero (Marcus Tullius) meninggal. Dia adalah seorang penulis, negarawan, dan dianggap orator Romawi kuno terbesar.
    7 Desember 1787 - Delaware menjadi negara pertama yang mengadopsi konstitusi baru Amerika Serikat.
    7 Desember 1941 - The US Naval pangkalan di Pearl Harbor, Hawaii, telah diserang oleh hampir 200 pesawat Jepang dalam serangan yang berlangsung lebih dari satu jam dan menyebabkan hampir 3.000 orang Amerika mati.
    Ulang - Marie Tussaud Wax modeler (1761-1850) lahir di Bern, Swiss. Dia mendirikan waxworks Madame Tussaud di London pada 1802 dan kemudian menambahkan Chamber of Horrors.

    8 Desember 1940 - Selama Blitz , House of Commons dan Tower of London yang rusak parah di tengah serangan udara semalam dengan pesawat pembom Jerman di London.
    Tanggal 8 Desember 1941 - Satu hari setelah serangan Jepang di Pearl Harbor, Amerika Serikat dan Inggris menyatakan perang terhadap Jepang.
    8 Desember 1980 - Mantan Beatle, John Lennon adalah musisi dibunuh di New York City.
    8 Desember 1987 - Presiden Ronald Reagan dan Soviet Rusia Mikhail Gorbachev Sekretaris Jenderal menandatangani Perjanjian INF menghilangkan semua rudal nuklir jarak menengah dan pendek jangkauan.
    8 Desember 1991 - USSR (Uni Soviet Sosialis Republik) tidak ada lagi, sebagai pemimpin dari Rusia, Belarus dan Ukraina menandatangani kesepakatan menciptakan Commonwealth of Independent States. Republik-republik yang tersisa dari bekas Uni Soviet, dengan pengecualian Georgia, bergabung dengan Persemakmuran baru.
    Ulang - Kapas gin penemu Eli Whitney (1765-1825) lahir di Westboro, Massachusetts. Penemuan digunakan seperti sisir gigi untuk menghilangkan benih dari kapas dipanen dan memiliki dampak yang luar biasa terhadap perekonomian Selatan. Pada 1800, produksi kapas meningkat dari sekitar 3.000 bal per tahun untuk 73.000. Ia juga mengembangkan konsep produksi massal bagian dipertukarkan dan jalur perakitan.
    Ulang - General Motors pendiri William C. "Billy" Durant (1861-1947) lahir di Boston, Massachusetts.
    Ulang - Meksiko seniman Diego Rivera (1886-1957) lahir di Guanajuato, Meksiko. Dia menciptakan karya besar untuk tampilan di AS yang menimbulkan kontroversi karena titik pandang politiknya sebagai Komunis. Pada tahun 1933, fresco Manusia di Persimpangan telah dihapus dari Rockefeller Center di New York City tengah klaim itu termasuk sosok yang menyerupai pemimpin Uni Soviet Vladimir Lenin. Setahun sebelumnya, mural dilakukan untuk Institut Seni Detroit telah dikritik sebagai tidak religius. Setelah kontroversi ini, dia membantah komisi lebih lanjut di AS, meskipun karyanya tetap populer di Meksiko.
    Ulang Tahun - Humoris Amerika dan seniman James Thurber (1894-1961) lahir di Columbus, Ohio. Terbaik dikenal untuk The Secret Life Walter Mitty.

    9 Desember 1941 - Selama Perang Dunia II, Cina mengeluarkan pernyataan resmi perang melawan Jepang, Jerman dan Italia.
    9 Desember 1948 - Perserikatan Bangsa-Bangsa Majelis Umum dengan suara bulat menyetujui Konvensi tentang Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida. Ini mulai berlaku pada tanggal 12 Januari 1951, berikut ini diratifikasi oleh 20 negara anggota.
    9 Desember 1958 - John Birch Society didirikan di AS oleh Robert HW Welch sebagai sebuah organisasi politik yang anti-Komunis nama untuk Kapten John Birch, seorang perwira Angkatan Darat Amerika Serikat tewas pada tahun 1945 oleh Komunis Cina.
    9 Desember 1990 - Lech Walesa menang telak dalam pemilihan presiden Polandia.
    9 Desember 1992 - Istana Buckingham mengumumkan pemisahan Pangeran Charles dan Putri Wales, Dianna.
    9 Desember 1993 - Sebuah lima hari perbaikan pekerjaan di ruang pada Space Telescope $ 3000000000 Hubble selesai oleh astronot AS.
    9 Desember 1994 - Sinn Fein, sayap politik Tentara Republik Irlandia itu, mengadakan pembicaraan resmi pertama dengan Inggris di lebih dari 70 tahun.
    9 Desember 1998 - Swiss politisi dipilih Menteri Dalam Negeri Ruth Dreifuss sebagai presiden, membuatnya menjadi wanita pertama yang memimpin pemerintah Swiss.
    . Ulang Tahun - Inggris penyair John Milton (1608-1674) lahir di London C onsidered kedua hanya untuk Shakespeare penting, karya-karyanya meliputi; Paradise Lost, Paradise kembali, Simson Agonistes, pamflet Dari Disiplin Gereja Reformasi Menyentuh, Ajaran Para dan Disiplin Perceraian, The penguasaan atas segala Raja dan Hakim dan Pro Populo Anglicano.
    Ulang - Amerika industrialis Clarence Birdseye (1886-1956) lahir di Brooklyn, New York. Ia mengembangkan metode deep-beku makanan dan merupakan salah satu pendiri General Foods Corp

    10 Desember 1896 - Swedia Alfred Nobel kimia meninggal di San Remo, Italia. Kehendak-Nya menetapkan bahwa pendapatan dari $ 9.000.000 kekayaannya digunakan untuk penghargaan mengenali orang-orang yang telah memberikan kontribusi berharga bagi kemanusiaan. Penerima Nobel dipilih oleh komite parlemen Norwegia. Hadiah untuk Perdamaian, Fisika, Kimia, Kedokteran, Sastra dan Ekonomi disajikan setiap tahun dalam sebuah upacara di Stockholm, Swedia, pada hari peringatan kematiannya. Setiap hadiah bernilai sekitar $ 1 juta.
    10 Desember 1898 - Perjanjian Paris ditandatangani antara perwakilan Amerika dan Spanyol menyusul kekalahan Spanyol dalam Perang Spanyol-Amerika. Di bawah perjanjian itu, AS menguat Kepulauan Filipina, pulau-pulau Guam dan Puerto Rico, dan kesepakatan oleh Spanyol untuk mundur dari Kuba. Perjanjian itu lewat satu suara di Senat AS pada 6 Februari 1899, dan ditandatangani oleh Presiden William McKinley empat hari kemudian.
    10 Desember 1941 - Selama Perang Dunia II, Battleships Inggris Repulse dan Prince of Wales ditenggelamkan oleh pesawat tempur Jepang di Laut China Selatan, menewaskan hampir 800 kru.
    10 Desember 1948 - Majelis Umum PBB mengadopsi dan memproklamirkan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia .
    10 Desember 1950 - Dr Ralph Bunche menjadi orang Afrika Amerika pertama dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, atas usahanya dalam mediasi antara Israel dan negara-negara Arab di dekatnya tahun sebelumnya.
    10 Desember 1989 - Pemerintah non-komunis pertama sejak 1948 diasumsikan kekuasaan di Cekoslovakia.
    Ulang - Pendidik Thomas Gallaudet (1787-1851) lahir di Philadelphia, Pennsylvania. Dia mendirikan Sekolah Amerika untuk Tuna Rungu di Hartford, Connecticut, pada tahun 1817.
    Ulang - Penyair Emily Dickinson (1830-1886) lahir di Amherst, Massachusetts. Puisi nya dikenal hanya setelah kematiannya saat adiknya ditemukan hampir 2.000 puisi terkunci dalam biro-nya, tertulis di bagian belakang amplop dan potongan-potongan kertas. Mereka diterbitkan secara bertahap selama 50 tahun mendatang, dimulai pada tahun 1890.
    Ulang - Amerika pustakawan Melvil Dewey (1851-1931) lahir di Adams Center, New York. Ia menemukan buku desimal sistem klasifikasi Dewey, reformasi ejaan menganjurkan, dan mendesak penggunaan sistem metrik.

    11 Desember 1845 - Anglo-Sikh pertama di India mulai Perang sebagai Sikh menyerang pasukan kolonial Inggris. Para Sikh dikalahkan setelah empat pertempuran. Bagian dari wilayah Punjab India barat laut kemudian dianeksasi oleh Inggris.
    11 Desember 1901 - Sinyal transatlantik radio pertama ditularkan oleh Guglielmo Marconi dari Cornwall, Inggris, untuk St John, Newfoundland.
    11 Desember 1936 - Raja Edward VIII melepaskan tahta Inggris untuk menikahi "wanita yang kucintai," dua kali bercerai Amerika bernama Wallis Warfield Simpson. Mereka menikah di Perancis pada tanggal 3 Juni 1937, dan kemudian tinggal di Paris.
    11 Desember 1941 - Sebuah titik balik besar dalam Perang Dunia II terjadi sebagai mitra Jepang Axis, Italia dan Jerman, baik perang dideklarasikan pada Amerika Serikat. Kongres AS segera menyatakan perang pada mereka. Presiden Roosevelt kemudian membuat kekalahan Hitler prioritas utama, mencurahkan hampir 90 persen dari sumber militer AS untuk perang di Eropa.
    11 Desember 1994 - Rusia mengirim tank dan tentara ke Chechnya untuk mengakhiri tiga tahun drive wilayah pemberontak untuk kemerdekaan.
    11 Desember 1998 - Gedung Komite Kehakiman menyetujui tiga artikel impeachment pengisian Presiden Bill Clinton dengan sumpah palsu dan obstruksi keadilan.
    Ulang - Walikota New York LaGuardia Fiorello H. (1882-1947) lahir di New York City. Seorang politisi, tercinta suka berteman, melayani "The Little Flower" (arti Fiorello) sebagai anggota Kongres AS dan kemudian dipilih tiga kali sebagai walikota New York City dimulai pada tahun 1933. Dia adalah seorang Republikan liberal yang mendukung buruh, hak-hak perempuan dan hukum pekerja anak. Sebagai walikota New York, ia mereformasi pemerintah kota dan berjuang korupsi, tapi tetap rasa humor. "Ketika saya membuat kesalahan itu benar-benar hebat!" Ia pernah bercanda.

    12 Desember 1870 - Joseph Hayne Rainey dari Georgetown, Carolina Selatan, menjadi orang Afrika Amerika pertama untuk melayani di Dewan Perwakilan Rakyat AS. Dia mengisi kursi yang telah dinyatakan kosong oleh DPR dan disajikan sampai 1879.
    12 Desember 1998 - Gedung Komite Kehakiman menyetujui keempat dan terakhir artikel dari impeachment terhadap Presiden Bill Clinton, pengisian dia dengan membuat pernyataan palsu dalam jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tertulis dari Kongres.
    Ulang - Amerika negarawan John Jay (1745-1829) lahir di New York City. Ia adalah seorang diplomat dan Ketua pertama dari Mahkamah Agung AS. Dia co-menulis (dengan Alexander Hamilton dan James Madison) Federalist Papers.
    Ulang - abolisionis William Lloyd Garrison (1805-1879) lahir di Newburyport, Massachusetts. Ia mendirikan Pembebas anti-perbudakan koran pada tahun 1831 dan diterbitkan untuk lima puluh tahun mendatang. Dia juga bepergian di seluruh Amerika menyampaikan pidato-pidato antiperbudakan pedas, bahkan menganjurkan bahwa Utara harus memisahkan diri dari Selatan. Pada tahun 1854, ia membakar salinan Konstitusi AS, menyatakan, "Jadi binasa semua kompromi dengan tirani!"
    Ulang - Perancis penulis Gustave Flaubert (1821-1880) lahir di Rouen. Terbaik dikenal untuk novel Madame Bovary, sebuah kisah tentang pemberontakan wanita terhadap masyarakat kelas menengah.

    13 Desember 1545 - Konsili Trente, dipanggil oleh Paus Paulus III, bertemu untuk membahas hal-hal doktrinal termasuk bangkitnya Protestanisme.
    13 Desember 1577 - Francis Drake berangkat Plymouth, Inggris, di Golden Hind pelayarannya di seluruh dunia.
    13 Desember 1642 - Selandia Baru ditemukan oleh Belanda Abel Tasman navigator Perusahaan India Timur Belanda.
    13 Desember 1862 - Selama Amerika Perang Sipil , Pertempuran Fredericksburg terjadi di Virginia sebagai Tentara Uni Potomac bawah Jenderal Burnside menderita kekalahan mahal, kehilangan 12.653 laki-laki setelah 14 serangan frontal terhadap Pemberontak juga bercokol di Heights Marye itu. "Kami mungkin juga telah mencoba untuk mengambil neraka," kata seorang tentara Union. Kerugian Konfederasi adalah 5.309. "Hal ini juga bahwa perang begitu mengerikan - kita harus tumbuh terlalu menyukainya," ujar Konfederasi Jenderal Robert E. Lee selama pertempuran.
    13 Desember 1937 - Awal dari salah satu kekejaman terburuk dari Perang Dunia II sebagai kota Cina Nanking (Nanjing) ditangkap oleh Jepang. Selama enam minggu berikutnya, Rape of Nanking terjadi di mana tentara Jepang menyerang secara acak, memperkosa dan membunuh tanpa pandang bulu diperkirakan 200.000 orang Cina.
    13 Desember 1981 - Dalam perjuangan untuk mempertahankan komunisme, pemerintah memberlakukan darurat militer Polandia dan mengambil langkah-langkah untuk menahan pertumbuhan kekuatan serikat perdagangan pro-demokrasi Solidaritas.
    13 Desember 1991 - Korea Utara dan Selatan menandatangani sebuah perjanjian rekonsiliasi dan non-agresi yang juga secara resmi mengakhiri Perang Korea, meskipun pertempuran yang sebenarnya telah berhenti pada tahun 1953.
    Ulang - penulis Jerman Heinrich Heine (1797-1856) lahir di Dusseldorf. Terkenal karena pernyataannya yang dibuat seratus tahun sebelum munculnya buku-pembakaran Nazi di Jerman - "Dimana buku dibakar, manusia ditakdirkan untuk dibakar juga."
    Ulang - Mary Todd (1818-1882) lahir di Lexington, Kentucky. Dia menjadi istri dari Abraham Lincoln , Presiden AS ke-16.
    Ulang - pendeta Amerika dan komposer Phillips Brooks (1835-1893) lahir di Boston, Massachusetts. Dia menulis lirik untuk Christmas Carol populer, O Little Kota Betlehem.

    14 Desember 1799 - George Washington meninggal di Mount Vernon.
    14 Desember 1861 - Di Inggris, Pangeran Albert meninggal dari penyakit tipus di Windsor Castle. Dia adalah mendampingi dan suami Ratu Victoria dari Inggris. Setelah kematiannya, Ratu pergi ke jangka berkabung.
    14 Desember 1911 - Norwegia explorer Roald Amundsen menjadi orang pertama yang mencapai Kutub Selatan.
    14 Des 1918 - wanita Inggris memilih untuk pertama kalinya dalam pemilihan umum dan diizinkan untuk menjalankan untuk kantor.
    14 Desember 1927 - Inggris diakui independen Irak dan didukung masuk Irak untuk Liga Bangsa-Bangsa.
    14 Desember 1935 - Thomas Masaryk, pendiri dan presiden pertama Republik Cekoslowakia, mengundurkan diri dan digantikan oleh Edvard Benes.
    14 Desember 1939 - Liga Bangsa-Bangsa dikeluarkan Soviet Rusia untuk agresi melawan Finlandia.
    14 Desember 1962 - Mariner II ruang angkasa dikirim kembali informasi dari planet Venus, informasi pertama yang pernah diterima dari planet lain.
    14 Desember 1995 - Sebuah Bosnia perjanjian perdamaian ditandatangani di Paris oleh para pemimpin dari bekas Yugoslavia. Perjanjian itu mengakhiri konflik terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.
    Ulang - Prancis dokter Nostradamus (1503-1566) lahir di St Remy, Provence, Prancis (Michel de Notredame sebagai). Dia menulis prediksi astrologi di kuatrain berirama, diyakini oleh banyak untuk meramalkan masa depan.
    Ulang - Perang Dunia II Jenderal James Doolittle (1896-1993) lahir di Alameda, California. Pada tanggal 18 April 1942, ia memimpin satu skuadron pesawat pembom B-25 diluncurkan dari kapal pesawat Tawon untuk melakukan serangan udara Amerika pertama dari perang melawan daratan Jepang. Dia juga mengepalai Angkatan Udara Kedelapan selama invasi Normandia dan dianugerahi Medal of Honor.

    15 Desember 1791 - The Bill of Rights (pertama 10 perubahan UUD AS) menjadi efektif setelah ratifikasi oleh Virginia.
    15 Desember 1840 - Napoleon dimakamkan di Les Invalides di Paris. Ia meninggal dalam pengasingan di pulau Saint Helena setelah jatuh dari kekuasaan.
    15 Desember 1890 - Sioux pemimpin Banteng Duduk (nama asli Tatanka-yatanka) tewas dalam pertempuran dengan tentara AS di sepanjang Sungai Agung di South Dakota sebagai prajurit mencoba untuk mencegah penangkapannya.
    15 Desember 1939 - Gone with the Wind telah premier dunia-nya di Atlanta, diperkenalkan oleh produser David O. Selznick dan menampilkan penampilan oleh Vivien Leigh dan Clark Gable.
    15 Desember 1943 - Pertempuran San Pietro berlangsung selama Perang Dunia II sebagai batalion panzer Jerman hancur pasukan Amerika mencoba untuk mengambil desa 700 tahun Italia. Hollywood, sutradara John Huston, melayani sebagai letnan angkatan darat, difilmkan pertempuran dan meninggalkan akun grafis.
    15 Desember 1961 - Kolonel SS Nazi Adolf Eichmann dijatuhi hukuman mati di Yerusalem untuk perannya dalam Holocaust . Eichmann telah mengatur deportasi Yahudi dari seluruh Eropa yang diduduki ke kamp kematian Nazi.
    15 Desember 1964 - Kanada mengadopsi bendera nasional baru yang menampilkan daun maple merah di latar belakang putih.
    15 Desember 1989 - Kediktaktoran Jenderal Augusto Pinochet di Chile berakhir. Pinochet datang ke kekuasaan pada 1973 setelah militer menggulingkan pemerintah terpilih secara demokratis.
    15 Desember 1993 - GATT (Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan) Perjanjian telah disetujui oleh delegasi dari 117 negara. Perjanjian itu dirancang untuk mengurangi tarif internasional, menghilangkan kuota perdagangan, dan melindungi kekayaan intelektual.
    15 Desember 1995 - Para pemimpin Uni Eropa mengumumkan mata uang baru mereka akan dikenal sebagai Euro.
    Ulang - Perancis Alexandre Eiffel insinyur (1832-1923) lahir di Dijon, Perancis. Dia merancang Menara Eiffel untuk Pameran Internasional Paris tahun 1889. Dia juga membantu merancang Patung Liberty.

    16 Desember 1653 - Setelah kekalahan Raja Charles I pada Perang Saudara Inggris, Oliver Cromwell, pemimpin pasukan Parlemen, dinyatakan Tuhan Pelindung dari Inggris.
    16 Desember 1773 - The Boston Tea Party terjadi sebagai aktivis kolonial menyamar sebagai Indian Mohawk naik kapal-kapal Inggris berlabuh di Pelabuhan Boston dan membuang 342 kontainer teh mahal ke dalam air.
    16 Desember 1835 - Sebuah kebakaran besar meletus di New York City, menghancurkan lebih dari 600 bangunan, menyebabkan sekitar $ 20 juta dalam kerusakan.
    16 Desember 1944 - Amerika besar-pemimpin band Glenn Miller menghilang dalam pesawat kecil di atas Selat Inggris dan mungkin dibunuh. Terbaik untuk diingat Moonlight dan In Mood.
    16 Desember 1944 - Selama Perang Dunia II di Eropa, Pertempuran Bulge dimulai sebagai Jerman meluncurkan kontra-ofensif besar di Hutan Ardennes sepanjang 75 mil depan, mengambil pasukan Amerika terkejut. Dibantu oleh berkabut, cuaca bersalju, Jerman menembus 65 mil ke garis Sekutu pada akhir Desember. Kemajuan Jerman akhirnya dihentikan oleh Montgomery di Meuse dan Patton di Bastogne. Sebagai cuaca dibersihkan, pesawat Sekutu menyerang pasukan darat Jerman dan jalur pasokan dan counter-ofensif gagal. Ada sebuah diperkirakan 77.000 130.000 korban Sekutu dan Jerman.
    16 Desember 1969 - The British House of Commons memilih 343-185 untuk menghapuskan hukuman mati di Inggris.
    16 Desember 1991 - PBB memilih untuk mencabut Resolusi 3379, awalnya disetujui pada tanggal 10 November 1975, yang telah disamakan Zionisme (gerakan pendukung negara nasional Yahudi Israel) dengan rasisme.
    Ulang - Ludwig van Beethoven (1770-1827) lahir di Bonn, Jerman. Dia menciptakan kuat, musik emosional dan secara luas mempertimbangkan komposer orkestra terbesar yang pernah hidup. Ia menderita gangguan pendengaran sebelum ia 30 dan pada saat terakhir hidupnya (Kesembilan) simfoni, ia benar-benar tuli. Pada tahun 1824, ia melakukan Symphony Kesembilan di dunia utama di Wina meskipun ia tidak dapat mendengar baik orkestra atau tepuk tangan. Dalam semua, ia menulis sembilan simfoni, sonata piano 32, lima konserto piano, 17 string kuartet, sepuluh sonata untuk biola dan piano, opera Fidelio, Misa di C Mayor, Missa Solemnis, dan musik kamar lainnya.
    Ulang - Inggris novelis Jane Austen (1775-1817) lahir di Hampshire, Inggris. Dia menulis kisah cinta tentang kehidupan bangsawan di pedesaan Inggris. Terbaik dikenal untuk Sense and Sensibility, Pride and Prejudice, Northanger Abbey, dan Emma. Dalam beberapa tahun terakhir karya-karyanya telah dibuat menjadi mini seri TV yang sangat populer dan film.
    Ulang - Filsuf George Santayana (1863-1952) lahir di Madrid, Spanyol. Sebagai seorang anak ia beremigrasi ke Amerika Serikat dan akhirnya menjadi guru di Harvard University. Terbaik dikenal untuk menyatakan, "Mereka yang tidak bisa mengingat masa lalu akan dikutuk untuk mengulanginya."
    Ulang - Antropolog Margaret Mead (1901-1978) lahir di Philadelphia, Pennsylvania. Dia belajar orang-orang primitif di Pasifik Barat Daya dan dikenal karena sikapnya vokal nya mengenai isu-isu sosial seperti hak-hak perempuan, membesarkan anak, pengendalian populasi dan kelaparan dunia.

    17 Desember 1538 - Paus Paulus III mengucilkan Raja Henry VIII setelah ia menyatakan dirinya kepala tertinggi Gereja di Inggris.
    17 Desember 1777 - Di Valley Forge di Pennsylvania, Angkatan Darat Kontinental yang dipimpin oleh Jenderal George Washington menetap di untuk musim dingin.
    17 Desember 1971 - Perang antara India dan Pakistan selama Pakistan Timur (kemudian Bangladesh) berakhir sebagai 90.000 tentara Pakistan menyerah.
    17 Desember 1903 - Setelah tiga tahun percobaan, Orville dan Wilbur Wright mencapai powered pertama, penerbangan pesawat dikontrol. Mereka membuat empat penerbangan dekat Kitty Hawk, North Carolina, terpanjang berlangsung sekitar satu menit.
    Ulang - Deborah Sampson (1760-1827) lahir di Plympton, Massachusetts. Selama Perang Revolusi Amerika , ia menyamar sebagai seorang pria dan tamtama di Angkatan Darat Kontinental dengan nama Robert Shurtleff. Meskipun ia terluka dalam pertempuran, dia tidak ditemukan sampai demam yang parah kedoknya identitasnya. Dia dipecat dari tentara pada tahun 1783. Dalam kehidupan selanjutnya, dia lectured profesional pada pengalaman perang nya.
    Ulang - Penyair dan perbudakan John Greenleaf Whittier (1807-1892) lahir di Haverhill, Massachusetts. Buku-bukunya termasuk puisi Legends of New England dan salju.

    18 Desember 1865
    - The 13 Amandemen ke Konstitusi Amerika Serikat diratifikasi menghapuskan perbudakan, menyatakan, "Baik perbudakan atau perbudakan yang penuh pemaksaan, menyimpan sebagai hukuman bagi kejahatan kadarnya partai harus sudah sepatutnya dihukum, harus ada di Amerika Serikat, atau tempat tunduk pada yurisdiksi mereka. "
    18 Desember 1916 - Selama Perang Dunia I , Pertempuran Verdun menyimpulkan setelah sepuluh bulan pertempuran di mana 543.000 434.000 tentara Perancis dan Jerman tewas.
    18 Desember 1940 - Adolf Hitler memerintahkan Staf Jenderal Jerman untuk mulai merencanakan Operasi Barbarossa, dengan invasi Soviet Rusia .
    18 Desember 1956 - Jepang ini mengaku kepada PBB.
    Ulang - Kanselir Jerman Barat Willy Brandt (1913-1992) lahir di L├╝beck, Jerman (seperti Herbert Karl Ernst Frahm). Selama rezim Hitler, ia adalah seorang pengasingan anti-Nazi. Dia kembali ke Jerman setelah Perang Dunia II, masuk politik dan terpilih kanselir pada tahun 1969. Ia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1971 atas upayanya untuk memperbaiki hubungan Timur-Barat selama Perang Dingin.

    19 Desember 1732 - Benjamin Franklin pertama kali diterbitkan Almanak Richard Miskin yang berisi prediksi cuaca, humor, peribahasa dan epigram, akhirnya menjual hampir 10.000 eksemplar per tahun.
    19 Desember 1946 - Perang pecah di Indochina Perancis Ho Chi Minh menyerang mencari Prancis untuk mengusir mereka dari Vietnam. Hal ini menandai awal dari sebuah konflik tiga puluh tahun yang akhirnya menyebabkan keterlibatan AS berat dan berakhir dengan kemenangan Komunis pada bulan April 1975 setelah penarikan AS dari Vietnam Selatan.
    19 Desember 1998 - DPR impeachment Presiden Bill Clinton , menyetujui dua dari empat Anggaran Impeachment, pengisian Clinton dengan berbaring di bawah sumpah pada juri agung federal dan menghalang-halangi keadilan.
    Ulang - penjelajah Inggris William Parry (1790-1855) lahir di Bath, Inggris. Dia melakukan ekspedisi Kutub Utara dan melakukan tiga upaya untuk menemukan Passage Northwest.
    Ulang - Sejarawan Woodson Carter (1875-1950) lahir di New Kanton, Virginia. Dia memperkenalkan studi hitam untuk perguruan tinggi Amerika dan universitas. Karya-karyanya meliputi; Orang Negro dalam Sejarah kami dan The Pendidikan Negro Sebelum 1861.

    20 Desember 1606 - Perusahaan Virginia ekspedisi ke Amerika dimulai sebagai tiga kapal kecil, Konstan Susan, Semoga berhasil dan Discovery, berangkat London di bawah pimpinan Kapten Christopher Newport. Pada Mei 1607, perusahaan meriah disewa mendirikan pemukiman Inggris permanen yang pertama di Amerika di Jamestown (Virginia).
    20 Desember 1699 - tsar Peter Agung mengubah Tahun Baru Rusia dari 1 September - 1 Januari sebagai bagian dari reorganisasi dari kalender Rusia.
    20 Desember 1860 - Carolina Selatan menjadi negara pertama yang memisahkan diri dari Uni di awal untuk Amerika Perang Saudara . Dalam waktu dua bulan Mississippi, Florida, Alabama, Georgia, Louisiana dan Texas memisahkan diri. Pada bulan April 1861, Virginia memisahkan diri, diikuti dalam lima minggu dengan Arkansas, Tennessee, dan North Carolina, sehingga membentuk sebuah Konfederasi sebelas negara dengan penduduk 9 juta, termasuk hampir 4 juta budak. Uni telah 21 negara bagian dan populasi lebih dari 20 juta.
    20 Desember 1956 - Boikot bus di Montgomery berakhir setelah putusan Mahkamah Agung AS mengintegrasikan sistem bus Montgomery dilaksanakan. Boikot oleh Amerika Afrika telah dimulai pada tanggal 5 Desember 1955, setelah Rosa Parks ditangkap karena menolak menyerahkan tempat duduknya di bus Montgomery untuk seorang pria kulit putih.
    20 Desember 1989 - AS menginvasi Panama berusaha untuk menangkap Manuel Noriega atas tuduhan perdagangan narkotika Operasi Just Cause terjadi tujuh bulan setelah Noriega menyatakan hasil pemilu yang tidak menguntungkan di negaranya menjadi batal dan tidak berlaku.. Invasi menggulingkan pemerintah Noriega dan mengakibatkan instalasi Guillermo Endara sebagai presiden. Noriega sementara menghindari penangkapan, namun menyerah beberapa minggu kemudian untuk pasukan AS. Ia kemudian diadili, divonis, dan dipenjarakan di AS
    Ulang - Amerika industrialis Harvey S. Firestone (1868-1938) lahir di Columbiana County, Ohio. Dia mendirikan Firestone Tire dan Rubber Co dan merupakan teman dekat Henry Ford dan Thomas Edison.

    21 Desember - Musim Dingin dimulai di belahan bumi utara. Di Belahan Selatan hari ini adalah awal musim panas.
    21 Desember 1846 - Anestesi digunakan untuk pertama kalinya di Inggris selama operasi di University College Hospital di London yang dilakukan oleh Robert Liston yang diamputasi kaki seorang hamba.
    21 Desember 1945 - Perang Dunia II Jenderal George Patton meninggal di Jerman setelah mengalami kecelakaan mobil. Dia telah terluka pada tanggal 9 Desember di dekat Mannheim dan dibawa ke sebuah rumah sakit di Heidelberg di mana ia meninggal. Ia dimakamkan di Luksemburg. Dijuluki "Darah Tua dan Usus," ia pernah menyatakan selama perang, "Kami akan menyerang dan menyerang sampai kita kelelahan, dan kemudian kita akan menyerang lagi."
    21 Desember 1972 - Jerman Barat dan Timur menjalin hubungan diplomatik, mengakhiri hampir dua dekade permusuhan Perang Dingin dan membuka jalan bagi pengakuan internasional Jerman Timur.
    21 Desember 1988 - Pan American Penerbangan 103 meledak di udara sebagai hasil dari sebuah bom teroris dan menabrak Lockerbie, Skotlandia. Semua 259 penumpang dan awak pesawat bersama dengan 11 orang di tanah tewas.
    21 Desember 1993 - KGB (Soviet Polisi Rahasia) organisasi itu dihapus oleh Presiden Rusia Boris Yeltsin.
    Ulang - Inggris negarawan Benjamin Disraeli (1804-1881) lahir di London. Dia memimpin Partai Tory dan dua kali memegang jabatan perdana menteri. Dia berperan dalam perluasan Kerajaan Inggris ke India dan Timur Tengah pada masa pemerintahan Ratu Victoria. Dia juga memelopori konsep novel politik dan menghasilkan karya seperti Vivian Grey, Coningsby, dan Lothair.
    Ulang - pemimpin Soviet Rusia Josef Stalin (1879-1953) lahir di desa Gori di Georgia, Rusia (sebagai Iosif Vissarionovich Dzhugashvili).

    22 Desember 1783 - Setelah perjalanan kemenangan dari New York ke Annapolis, Maryland, George Washington , menang Komandan-in-Kepala Tentara Revolusi Amerika, muncul di hadapan Kongres dan secara sukarela mengundurkan diri komisinya.
    Ulang - Italia komposer Giacomo Puccini (1858-1924) lahir di Lucca, Tuscany. Secara luas dianggap sebagai komposer opera terbesar Italia, dia adalah yang terbaik dikenal untuk karya-karya populer seperti Madame Butterfly La Boheme.
    Ulang - "Lady Bird" Johnson (1912-2007) lahir di Karnack, Texas (seperti Claudia Alta Taylor). Dia berada di samping suaminya, Lyndon Johnson pada papan Air Force One saat ia disumpah sebagai Presiden AS ke-36 setelah pembunuhan Presiden John F. Kennedy. Dia terbukti menjadi First Lady anggun, ingat untuk anti-sampah kampanyenya, meminta warga negara untuk membantu "Mempercantik Amerika."

    23 Desember 1888
    - Belanda pelukis Vincent van Gogh memotong telinga kirinya selama fit dari depresi.
    23 Desember 1913 - Kongres AS mengesahkan Undang-Undang Federal Reserve mendirikan Federal Reserve System untuk melayani sebagai bank sentral bangsa. Tanggung jawab Kepala meliputi: pelaksanaan kebijakan moneter; mempengaruhi pinjaman dan investasi kegiatan bank komersial, dan mengawasi biaya dan ketersediaan uang dan kredit.
    23 Desember 1947 - Transistor ditemukan di Bell Laboratories oleh Yohanes Bardeen, Walter Brattain dan William Shockley, yang berbagi Hadiah Nobel untuk penemuan mereka yang memicu revolusi di seluruh dunia dalam elektronik.
    23 Desember 1948 - Hideki Tojo digantung karena kejahatan perang. Dia telah perdana menteri Jepang 1941-44. Setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, ia ditangkap sebagai penjahat perang, diadili oleh sebuah pengadilan militer dan dihukum mati. Dia digantung bersama dengan enam lainnya pemimpin militer Jepang masa perang di Penjara Sugamo di Tokyo, dengan kalimat yang dilakukan oleh US 8th Angkatan Darat.
    23 Desember 1987 - Dick Rutan dan Jeana Yeager menetapkan rekor dunia baru dari 216 jam penerbangan terus menerus di seluruh dunia tanpa pengisian bahan bakar. Mereka pesawat Voyager perjalanan 24.986 mil pada kecepatan sekitar 115 mil per jam.
    Ulang - Nabi Mormon Joseph Smith (1805-1844) lahir di Sharon, Vermont. Dia mendirikan Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir.
    Ulang - Jepang Kaisar Hirohito (1901-1989) lahir di Tokyo. Dia Kaisar masa perang Jepang dan diizinkan untuk tetap dalam posisinya setelah perang .

    24 Desember 1814 - Perjanjian Ghent antara Amerika dan Inggris ditandatangani, secara resmi mengakhiri Perang 1812.
    24 Desember 1914 - pertama kalinya serangan udara Jerman melawan Inggris terjadi ketika sebuah pesawat udara bersayap sepasang Jerman menjatuhkan bom tunggal pada Dover, Inggris, selama Perang Dunia I .
    24 Desember 1942 - Rudal permukaan-ke-permukaan pertama dipandu, kemudian dikenal sebagai Bom-1 V Terbang, diluncurkan oleh insinyur Jerman roket Wernher von Braun. Disebut "Buzz Bom" untuk suara mendengung keras dari motor mereka, mereka digunakan oleh Nazi Jerman melawan Inggris mulai pada bulan September 1944.
    24 Desember 1943 - Jenderal Dwight D. Eisenhower diangkat Panglima Tertinggi Pasukan Ekspedisi Sekutu mempersiapkan D-Day .
    24 Desember 1990 - Pada malam Natal, lonceng Katedral St Basil di Moskow berdering untuk pertama kalinya sejak kematian Lenin.
    24 Desember 1992 - Caspar Weinberger dan lima lainnya Reagan pembantu yang terlibat dalam skandal Iran-Contra yang diampuni oleh Presiden George Bush.
    Ulang - patriot Amerika Benjamin Rush (1745-1813) lahir di sebuah perkebunan di Byberry, Pennsylvania. Ia adalah seorang penandatangan Deklarasi Kemerdekaan, seorang dokter dan kemanusiaan, yang tulisan-tulisan tentang penyakit mental dia mendapat gelar "Bapak Psikiatri." Dia juga membantah gagasan yang berlaku bahwa alkohol secara umum baik untuk orang dan salah satu yang pertama untuk menggambarkan alkoholisme sebagai penyakit kronis.
    Ulang - garis perbatasan Amerika Christopher "Kit" Carson (1809-1868) lahir di Madison County, Kentucky. Dia adalah seorang agen tentara, penjebak, panduan dan India di Barat Lama.
    Ulang - Howard Hughes (1905-1976) lahir di Houston, Texas. Dia adalah seorang produser film, penerbang dan industrialis yang legendaris keinginan untuk privasi rumor banyak dihasilkan dan rasa ingin tahu banyak. Mungkin terbaik untuk diingat merancang perahu delapan mesin terbang, dijuluki Spruce Goose, yang membawa 750 penumpang untuk, meskipun hanya membuat satu penerbangan pengujian singkat.
    Ulang - Ignatius Loyola (1491-1556) lahir di Spanyol utara (seperti Inigo de Loyola Onaz y). Ia mendirikan Jesuit Katolik (Serikat Yesus).

    25 Desember - Hari Natal, memperingati kelahiran Yesus dari Nazaret. Meskipun tanggal pasti kelahirannya tidak diketahui, telah dirayakan pada 25 Desember oleh Gereja (Katolik Roma) Barat sejak 336 AD
    25 Desember 1066 - William Sang Penakluk dinobatkan Raja Inggris setelah ia menyerbu Inggris dari Perancis, mengalahkan dan membunuh Raja Harold pada Pertempuran Hastings, kemudian berbaris di London.
    25 Desember 1776 - Selama Revolusi Amerika , George Washington mengambil 2.400 anak buahnya menyeberangi Sungai Delaware. Washington kemudian melakukan serangan mendadak pada 1.500 Hessians Inggris (tentara bayaran Jerman) di Trenton, New Jersey. Para Hessians menyerah setelah satu jam dengan hampir 1.000 tahanan diambil oleh Washington yang menderita hanya enam terluka (termasuk masa presiden Letnan James Monroe). Kemenangan tersebut memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk semangat Amerika.
    25 Desember 1868 - Presiden Andrew Johnson diberikan amnesti umum kepada semua yang terlibat dalam Perang Sipil.
    25 Desember 1926 - Hirohito menjadi Kaisar Jepang.
    25 Desember 1989 - Di Rumania, sebuah siaran televisi dari sebuah simfoni Natal terganggu dengan pengumuman bahwa Nicolae Ceausescu dan istrinya telah dieksekusi setelah pemberontakan rakyat. Sebuah koalisi pro-demokrasi kemudian mengambil kendali. Ceausescu, seorang komunis garis keras, telah digulingkan dari kekuasaan setelah memesan berbaju hitam polisi negara untuk menekan gangguan di kota Timisorara, mengakibatkan kematian dari 4.500 orang diperkirakan.
    Ulang - Isaac Newton (1642-1727) lahir di Woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris. Dia adalah seorang ahli matematika, ilmuwan dan penulis, paling dikenal untuk karyanya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica pada teori gravitasi. Dia meninggal di London dan merupakan ilmuwan pertama yang dihormati dengan pemakaman di Westminster Abbey.
    Ulang - perawat Amerika dan dermawan Clara Barton (1821-1912) lahir di Oxford, Massachusetts. Dia menjabat sebagai perawat selama Perang Saudara dan pada 1881 mendirikan Palang Merah Amerika.
    Ulang - Pendiri Republik Islam Pakistan, Muhammad Ali Jinnah (1876-1948) lahir di Karachi.
    Ulang - Film aktor Humphrey Bogart (1899-1957) lahir di New York City. Hotel ini dikenal untuk The African Queen, The Maltese Falcon, Casablanca dan Untuk Memiliki dan Tidak Memiliki.

    26 Des - Boxing Day di Britania Raya dan banyak negara lainnya, hari karunia memberi ketika kotak makanan, pakaian dan hadiah lainnya secara tradisional diberikan kepada karyawan, pedagang dan penyedia layanan lainnya.
    26 Desember - 1 Januari - Kwanzaa, sebuah ketaatan keluarga Afrika Amerika didirikan pada tahun 1966 merayakan festival tradisional panen Afrika, berfokus pada keutuhan keluarga, dengan pesta panen masyarakat pada hari ketujuh. Kwanzaa berarti "buah pertama" dalam bahasa Swahili.
    26 Desember 2004 - Sebuah 230.000 orang diperkirakan tewas dan 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal saat gempa berkekuatan 9.3 di dasar laut di Samudera Hindia memicu serangkaian gelombang tsunami raksasa yang menabrak garis pantai dari selusin negara termasuk Indonesia, Sri Lanka , Thailand, India dan Somalia.
    Ulang - Mao Tse-Tung (1893-1976) lahir di Provinsi Hunan, Cina. Ia adalah seorang pustakawan guru, Cina, pejuang revolusi komunis, dianggap sebagai "bapak pendiri" dari Republik Rakyat Cina.

    27 Desember 1831 - Charles Darwin berangkat dari Plymouth, Inggris, kapal kapal HMS Beagle pada lima tahun ekspedisi ilmiah global. Darwin mengumpulkan fosil dan tumbuhan dipelajari dan hewan, secara bertahap mulai ragu bahwa spesies beragam makhluk hidup telah muncul menjadi ada pada satu saat (penciptaan). Pada tahun 1859, ia diterbitkan Pada Origin of Species by Means Seleksi Alam.
    27 Desember 1927 - Josef Stalin mengkonsolidasikan kekuasaannya di Soviet Rusia oleh Leon Trotsky mengusir saingannya dari Partai Komunis Soviet.
    27 Desember 1945 - Dana Moneter Internasional didirikan di Washington, DC
    27 Desember 1949 - Kedaulatan ditransfer Belanda Indonesia untuk Amerika Serikat baru Indonesia. Bangsa yang baru mempertahankan hubungan formal dengan Belanda sampai 1954, ketika kemerdekaan Republik Indonesia terbentuk. Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara. Ini terdiri dari 13.677 pulau-pulau di sepanjang khatulistiwa antara India dan lautan Pasifik, dan populasi lebih dari 150 juta.
    27 Desember 1996 - Sebuah genosida sidang mulai tentang pembunuhan dari 800.000 suku Tutsi di Rwanda diperkirakan. Pada tahun 1994, perang sipil berdarah pecah antara dua kelompok etnis utama, Hutu dan Tutsi. Setelah tentara Hutu merebut kekuasaan itu melancarkan kampanye "pembersihan etnis" terhadap penduduk Tutsi.
    Ulang - Jerman Johannes Kepler astronom (1571-1630) lahir di Wurttemberg, Jerman. Dianggap sebagai bapak astronomi modern, ia menemukan bentuk (oval) dari orbit elips di mana bumi dan planet lain mengelilingi matahari dengan kecepatan yang bervariasi sesuai dengan jarak masing-masing planet dari matahari.
    Ulang - kimia Prancis-bakteriologi Louis Pasteur (1822-1895) lahir di Dole, Prancis. Dia mengembangkan proses pasteurisasi untuk membunuh bakteri berbahaya dengan panas dan menemukan cara-cara pencegahan penyakit ulat, anthrax, ayam kolera, dan rabies.
    Ulang - Aktris Marlene Dietrich (1901-1992) lahir di Berlin, Jerman. Ia membintangi dalam The Blue Angel, yang 'talkie' pertama kali dibuat di Jerman. Dia kemudian pindah ke Hollywood dan membintangi film termasuk; Rides Destry Sekali lagi, Touch of Evil, Putusan di Nuremberg dan Saksi Jaksa Penuntut. Pada tahun 1950 dia berkeliling dunia sebagai penyanyi kabaret dalam pertunjukan tari-tarian panggung.

    28 Desember 1832 - John C. Calhoun menjadi Amerika pertama yang pernah mengundurkan diri kantor wakil presiden. Ia menjabat di bawah Presiden John Quincy Adams dan Andrew Jackson dan mengundurkan diri setelah serangkaian perselisihan politik dengan Presiden Jackson. Dia kemudian menjadi seorang Senator AS dari Carolina Selatan.
    28 Desember 1947 - Victor Emmanuel III, Raja terakhir dari Italia, meninggal dalam pengasingan di Alexandria, Mesir. Dia telah menjadi raja atas pembunuhan ayahnya pada 1900. Setelah Perang Dunia I , ia bernama Benito Mussolini untuk membentuk kabinet dan kemudian gagal untuk mencegah Fasis Mussolini dari merebut kekuasaan. Pada tahun 1946, ia turun tahta dan pergi ke pengasingan.
    Ulang - Woodrow Wilson (1856-1924) tanggal 28 Presiden AS lahir di Staunton, Virginia (seperti Thomas Woodrow Wilson). Ia menjabat dua istilah dari 1912 sampai 1921. Terbaik diingat untuk menyatakan, "Dunia harus dibuat aman bagi demokrasi," sementara meminta Kongres untuk sebuah deklarasi perang terhadap Jerman pada tahun 1917. Setelah kematian pertama, ia menikahi Edith Bolling Galt pada tahun 1915. Dia menderita stroke lumpuh pada tahun 1919 dan tidak pernah mendapatkan kesehatannya kembali, mengarah ke spekulasi bahwa istrinya benar-benar menjalankan Gedung Putih selama penyakitnya.

    29 Desember 1170 - Thomas Becket, Uskup Agung dari Canterbury, dibunuh oleh empat ksatria bertindak atas perintah dari Inggris Raja Henry II.
    29 Desember 1890 - Anggota 7th Kavaleri AS membantai lebih dari 200 penduduk asli Amerika (Sioux) pria, wanita dan anak-anak di Wounded Knee Creek, South Dakota.
    29-30 Desember, 1916 - Pada hari memudarnya dari dinasti Romanov, Rusia 'bhikkhu' Rasputin (Grigory Yefimovich Novykh) dibunuh. Sekelompok konspirator telah menarik dia ke sebuah rumah pribadi kemudian meracuni dan menembak dia, meskipun ia tidak mati. Mereka kemudian mengikatnya dan melemparkannya ke Sungai Neva, di mana ia tenggelam. Rasputin telah mendapatkan pengaruh yang sangat besar dengan Rusia Kaisar Nicholas II dan Ratu Alexandra, mengaku inspirasi Ilahi dan kemampuan untuk melakukan mukjizat, khususnya dalam membantu Nicky muda, putra Tsar yang penderita hemofilia. Dia juga mendesak langkah-langkah berat dalam berurusan dengan massa petani dan selama beberapa waktu telah hampir mendikte kebijakan pemerintah.
    29 Desember 1940 - Selama Blitz, pesawat Jerman menjatuhkan ribuan bom pembakar di pusat kota London, menyebabkan kerusakan kebakaran terburuk sejak kebakaran besar dari 1666. Katedral St Paulus bertahan tetapi delapan gereja Gelatik lain bersama Guildhall dan Old Bailey rusak parah.
    29 Desember 1965 - Selama Perang Vietnam , Vietnam Utara Presiden Ho Chi Minh menolak perundingan damai tanpa syarat yang ditawarkan oleh AS
    29 Desember 1989 - Dramawan dan aktivis hak asasi manusia Vaclav Havel dilantik sebagai presiden Cekoslowakia. Dia sebelumnya telah dikecam oleh Ceko Komunis sebagai musuh negara dan telah menghabiskan lima tahun penjara karena keyakinannya.
    Ulang tahun - Andrew Johnson (1808-1875) Presiden ke-17 AS lahir di Raleigh, North Carolina. Dia adalah wakil presiden Abraham Lincoln dan menjadi Presiden atas pembunuhan Lincoln pada tahun 1865. Ia kemudian menjadi Presiden pertama dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Dia dibebaskan di Senat dengan suara tunggal. Dia kemudian menjabat sebentar sebagai senator dari Tennessee sampai kematiannya pada tanggal 31 Juli 1875.
    Ulang - pemain cello Pablo Casals (1876-1973) lahir di Venrdell, Spanyol. Dia adalah salah satu musisi paling berpengaruh di abad ke-20 yang luar biasa kemampuan dalam bermain cello menetapkan standar kinerja baru.

    30 Desember 1803 - The Stars and Stripes bendera dibesarkan di New Orleans Amerika Serikat mengambil kepemilikan formal dari wilayah Louisiana, area seluas 885.000 mil persegi, hampir dua kali lipat ukuran wilayah AS itu telah dibeli dari Perancis untuk sekitar $ 15 juta.
    30 Desember 1862 - Selama Amerika Perang Sipil , Uni kuat kapal USS Memantau tenggelam di lepas Cape Hatteras, North Carolina, selama badai, mengakibatkan hilangnya enam belas awak.
    30 Desember 1903 - Di Chicago, api di dalam Teater Iroquois menewaskan 588 orang, akhirnya menghasilkan kode keselamatan kebakaran baru untuk teater.
    30 Desember 1922 - USSR (Uni Soviet Sosialis Republik) didirikan melalui konfederasi Rusia, Belorusia, Ukraina dan Federasi Transkaukasus.
    30 Desember 1947 - Raja Michael dari Rumania terpaksa melepaskan setelah Komunis merebut kekuasaan.
    30 Desember 1988 - Presiden Ronald Reagan dan Presiden terpilih George Bush dipanggil untuk memberikan kesaksian dalam persidangan Oliver North, seorang pembantu Gedung Putih mantan terlibat dalam urusan Iran-Contra di mana senjata tersebut diam-diam dijual ke Iran, sementara keuntungan dari penjualan dialihkan ke gerilyawan berusaha untuk menggulingkan pemerintah Nikaragua di Amerika Selatan.
    30 Desember 1993 - Israel dan Vatikan menandatangani perjanjian pada saling pengakuan, mencari untuk mengakhiri 2.000 tahun tidak ramah hubungan Kristen-Yahudi.
    Ulang - Rudyard Kipling (1865-1936) lahir di Bombay, India. Dia adalah seorang penyair Inggris, novelis, penulis cerita pendek, paling dikenal untuk cerita anak-anaknya seperti Jungle Book.
    Ulang - Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo (1884-1948) lahir di Tokyo. Dia memimpin Jepang selama Perang Dunia II dan ditangkap pada bulan Agustus 1945 sebagai penjahat perang, mencoba, kemudian digantung pada tahun 1948.

    31 Desember - Malam Tahun Baru, malam akhir tahun kalender Gregorian, tradisional merupakan malam pesta pora untuk menyambut tahun baru.
    31 Desember 1781 - Bank pertama di AS, Bank of Amerika Utara, menerima piagam dari Kongres Konfederasi. Ini dibuka pada tanggal 7 Januari 1782, di Philadelphia.
    31 Desember 1879 - Thomas Edison diberikan demonstrasi publik pertama dari lampu pijar listrik di laboratoriumnya di Menlo Park, New Jersey.
    31 Desember 1971 - Austria Kurt Waldheim menjadi Sekretaris Jenderal PBB setelah pensiun dari U Thant. Waldheim menjabat sampai tahun 1981 kemudian melanjutkan karirnya dalam politik Austria. Pada tahun 1986, ia berlari untuk presiden. Selama kampanye, ia mengungkapkan dia kemungkinan diberi informasi palsu mengenai dinas militer di Angkatan Darat Jerman selama Perang Dunia II. Dia mengaku dia meninggalkan tentara pada tahun 1942 setelah terluka di Front Rusia, tapi muncul tuduhan bahwa ia benar-benar letnan di 1943-44 ditempatkan di Balkan ketika orang Yahudi Yunani ditangkapi dan dikirim ke kamp kematian Nazi dan ketika kekejaman yang dilakukan terhadap Yugoslavia pejuang perlawanan.
    Ulang - George C. Marshall (1880-1959) lahir di Uniontown, Pennsylvania. Dia jenius untuk organisasi dan menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II, memperluas Angkatan Darat dari 130.000 sampai 8.300.000 orang. Dia kemudian menjabat sebagai Sekretaris Negara di bawah Presiden Truman dan Marshall Plan yang dirancang untuk menghilangkan perang robek Eropa dan untuk menghentikan penyebaran komunisme.

    Sumber: History


    Indonesia dalam bulan Desember

    19 Desember 1948
    Belanda menggelar agresi militer untuk kedua kalinya terhadap Indonesia. Presiden Soekarno, Wapres Moh. Hatta dan Menteri Luar Negeri Agus Salim ditangkap Belanda di ibukota.Yogyakarta dan kemudian diasingkan ke Pulau Bangka, Sumatra. Sidang Kabinet Darurat RI kemudian menunjuk Menteri Kemakmuran Sjafruddin Prawiranegara agar membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). A.A. Maramis yang saat itu sedang berada di New Delhi menjadi Menteri Luar Negeri PDRI.

    27 Desember 1949
    Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia.
    Persetujuan Meja Bundar ditandatangani di Den Haag, mengakhiri konflik diantara Indonesia dan Belanda.

    1950, Desember
    Perundingan antara Indonesia dan Belanda mengenai masalah Irian Barat. Delegasi RI dipimpin oleh Mohammad Roem. Dalam perundingan tersebut, Belanda menolak menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia.

    1961, Desember
    Presiden Soekarno mengeluarkan Tri Komando Rakyat (Trikora) yang menyerukan kepada rakyat Indonesia untuk membebaskan Irian Barat dari penjajahan Belanda. Komando Mandala dibentuk di Makassar untuk mengatur perjuangan bersenjata membebaskan Irian Barat.

    1988, Desember
    Indonesia menerima Penghargaan Kependudukan PBB.

    1989, Desember
    Indonesia dan Australia menandatangani Perjanjian Kerjasama Celah Timor yang kembali menegaskan pengakuan secara de jure Australia atas integrasi Timor Timur ke dalam Republik Indonesia.

    2004,Desember
    Indonesia menangis,Tsunami meluluh lantakkan Aceh dan sekitarnya



    joyodrono dalam bulan Desember hanya bisa menuliskan liryk lagu.


    "Desember Kelabu"

    Angin dingin meniup mencekam
    di bulan Desember
    air hujan turun deras dan kejam
    hati berdebar

    kuteringat bayangan impian
    di malam itu malam yang kelabu
    kau ucapkan kata
    selamat tinggal sayang

    Bulan madu yang engkau janjikan
    semakin melayang
    lenyap hilang ditelan air hujan
    engkau tak datang

    Bulan ini Desember kedua
    aku menanti dua tahun sudah
    kusabar menanti ku dilanda sepi

    Angin dingin menusuk di hati
    terasa oh nyeri
    bulan madu tinggallah impian
    tanpa kenyataan

    Sinar cinta seterang rembulan
    kini pudar sudah
    Desember kelabu
    selalu menghantui setiap mimpiku

    Salam Blogger dan sukses selalu

    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori ARTIKEL dengan judul Dalam bulan Desember . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2011/12/dalam-bulan-desember.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    Belum ada komentar untuk " Dalam bulan Desember "

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google