• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Rahasia Dibalik pementasan Kuda kepang

    Rahasia Dibalik pementasan Kuda kepang
    Budaya dan seni Tradisi adalah merupakan peninggalan Leluhur.Salah satunya adalah Seni Tradisi Kuda kepang yang perkembangannya kian menjamur ,Dengan bentuk dan dan kreasi penyajian yang berbeda pada setiap kelompok seni ini.Sepantasnyalah kita sebagai generasi penerus untuk melestarikannya,Dan dengan dukungan dari berbagai media membuat Kesenian ini semakin berkembang hingga ke luar Propinsi Jawa.

    Berkembangnya seni tradisi Kuda kepang tenyata tidak semua kalangan bisa menyikapi dan menerima dengan baik dari pementasan Kuda kepang ini.Bahkan dari beberapa Ulama ada yang mengatakan kalau Kuda kepang cenderung mengarah pada kesyirikan.Tetapi menurut saya pandangan itu hanya melihat sepihak tanpa ada pendalaman informasi secara jelas dari pihak yang berperan langsung pada kelompok seni ini.

    Pertunjukkan Kuda kepang dalam prakteknya memang terlihat seperti berkaitan erat dengan dunia Mistis. Karena pandangan yang saya anggap keliru itu saya ingin menguraikan apa sebenarnya yang terjadi di balik pementasan seni tradisi Kuda kepang ini.Dan kebetulan saya sendiri cukup lama terlibat lansung sebagai Pembina dan Peng-koordirnir pada seni budaya ini.


    Mungkin kalau pada tahun 80an seni kuda kepang ini betul-betul mistis dalam prakteknya.Tetapi untuk saat sekarang sepertinya hal itu tidak ada lagi.Karena pada masa sekarang kuda kepang lebih mengedepankan kemewahan tampilan dan kreasinya.Jadi menurut saya tidak ada bukti yang menunjukkan pada arah kesyirikan.

    Lantas kenapa terdapat semacam Dupa kemenyan,sesaji pada setiap pementasannya?

    Pembakaran Dupa pada awal pertunjukkan adalah merupakan bagian atau season dari pertunjukkan,atau juga sebagai langkah Doa pada Allah swt supaya dalam pertunjukannya bisa berjalan lancar tanpa ada halangan apapun.dan itu juga merupakan media Pemanis dari sebuah pementasannya.Dan inipun tidak bertentangan dengan agama Islam.Sedangkan bunga dan minyak wangi disini juga merupakan kelengkapan penyajian supaya terlihat menarik di mata penonton.Sebagai kelompok seni peran adalah wajib membuat penonton terkesan dengan pementasannya,dan itu semua adalah bagian dari tujuannya .

    Benarkah Atraksinya itu Kerasukan? Bisa ya bisa tidak.

    Atraksi yang di suguhkan pada pementasan Kuda kepang memang seperti benar-benar kerasukan.
    Sekali saya tegaskan ini adalah seni peran ataupun hiburan,yang terlihat seperti kerasukan itu hanyalah sebuah akting yang wajib dimiliki oleh semua anggota penari Kuda kepang.Tentang keahlian dalam beratraksi itu memang sebelumnya sudah melalui latihan-latihan khusus dari pribadi penari masing-masing,Biasanya penari tersebut berlatih dengan mengikuti semacam perguruan silat dan yang sejenisnya.Jadi tidak ada unsur mengundang dan memasukan roh dalam tubuhnya.Itu betul murni keahlian yang dilatihnya sejak lama.untuk meyakinkan penonton ,dibuatlah matanya terlihat melotot dengan pandangan kosong .Dan seringkali setelah masuk ke tobong-nya kembali mereka tertawa sendiri,dengan apa yang sudah di perankannya tadi.

    Dalam satu pementasan Kuda kepang ,dalam empat sudut tempat dalam arena pasti di jaga semacam Pawangnya.Bopo ataupun Pawangnya yang bertugas di setiap sudut ini sebenarnya malah mereka yang tidak sepenuhnya mengerti dari Kuda kepang .Mereka boleh dikatakan hanya pemain figuran ,dan untuk peran ini biasanya dicari orang yang bertubuh besar supaya bisa terkesan seram dan menarik di mata penonton.Dan tugasnya adalah mengawasi gerak-gerik penari yang sedang melakukan peran kerasukan,jika terlihat di wajahnya seperti mau tertawa maka dengan segera pawing ini merangkul dan membawanya masuk tobong untuk menghindari pementasan ini mentah karena penari tidak sempurna dalam perannya.

    Kenapa kadang-kadang penonton ikut terjungkal sepeti juga kerasukkan?

    Sebuah seni atraksi baik itu sulap dan termasuk juga Kuda kepang,akan terlihat menarik jika melibatkan penonton dalam arena pertunjukkan.Sebuah Sabetan Pecut yang di tujukan pada penari ,tiba-tiba penonton yang di dekatnya ikut terjungkal.Sangat terlihat bagus bagi penonton dan seakan Pecut itu mengandung kekuatan mistik yang besar.Sekali ini hanya trik dari pementasan.

    Bagaimana yang sebenarnya?

    Sebelum pementasan di mulai,para penari Kuda kepang ini sudah mempersiapkan beberapa temannya untuk ikut ambil bagian dalam atraksinya.Dan rahasia ini betul-betul di jaga sehingga antara penari dan peran penonton yang ikut dalam atraksi tadi terkesan tidak pernah saling kenal.

    Dengan penjelasan di atas , mungkin bisa sebagai bukti kalau Kuda kepang yang sekarang tidak bisa begitu saja di klaim sebagai seni yang mengarah pada Kesyirikan.Intinya Kelompok Seni hiburan Kuda kepang sekarang lebih fokus pada Kreasi tampilan ,dengan penggabungan dari bermacam alat musik modern.

    Dan saya ucapkan terima kasih kepada segenap Anggota aktif dan non aktif dari kuda kepang “Arjo Budoyo” ,juga Anggota Campursari “Laras Iromo” beserta “ Paguyuban Reognya” di Kuala enok-Tanah merah-INHIL RIAU,teruslah berkreasi semoga semakin maju.

    Dan kepada Bapak Ustad Haji Abdul Hamid (Klakah-Lumajang),kami berterima kasih atas dukungannya.

    Buat sobat pembaca Joyodrono.Kami ucapkan juga terima kasih,dengan kunjungannya Joyodrono sekarang sudah dapat PR walaupun baru PR1.salam

    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori ARTIKEL dengan judul Rahasia Dibalik pementasan Kuda kepang . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2011/12/rahasia-dibalik-pementasan-kuda-kepang.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    10 komentar untuk " Rahasia Dibalik pementasan Kuda kepang "

    terapi qolbu mengatakan...

    ingat saat masih kecil, kita suka sekali mendatangkan jaran kepang dalam acara sunatan atau lainnya

    Unknown mengatakan...

    @terapi qolbu:makasih gan,
    dah kunjung

    Unknown mengatakan...

    Terimakasih telah mengangkat budya trasional bangsa Indonesia untuk lebih dikenal di dunia.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    Anonim mengatakan...

    gw aga takut klo nonton aksi kuda kepang atau kuda lumping takut kena imbasnya ehehhe

    salam blogwalking

    Unknown mengatakan...

    @Ejawantah's Blog:makasih gan untukj kunjungannya

    Unknown mengatakan...

    @jimmy63:mas jimmy bisa aja.klo skrng udh tahu dgn pnjlasan diatas.

    Anonim mengatakan...

    klo dekat daerah saya main kuda kepang pake beberapa makhluk seperti naga, macan akar, macan putih, ktek, leak, setan merah, dll O_O

    saifulers mengatakan...

    klo yg ada kerasukan emang bnar ad

    saifulers mengatakan...

    majukan budaya budaya indonesia semarakkan kesenian budaya asli kita

    Unknown mengatakan...

    What tpi temen gua punya endang wayang semar
    Dan itu gx bohong
    Tanpa proses latihan nari badan nya bisa nari kayak wayang
    Dan yg gua bilang itu gx bohong gan

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google