• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Kuliah dari hasil Kerajinan Wayang

    gb1 joyodrono
    Dua hari yang lalu saya berniat jalan-jalan ke Kota Jombang,sekedar ingin melepaskan segala kepenatan yang menumpuk pada awal bulan tahun ini.Sekalian bernostalgia mengenang kembali masa yang jadi moment penting dalam hidupku hingga sekarang.

    Jombang adalah kota kecil dengan sebutan sebagai kota santri,baik dari dalam ataupun luar negeri.Sehingga tidak sedikit pendatang dari luar daerah yang berkunjung dengan tujuan sekedar refreshing atau berdagang.Begitulah Jombang selain akrab dengan nuansa Islamic,ternyata juga merupakan tempat pedagang kaki lima mengais rejeki di depan emperan toko pada sore hari.

    Kami berdua sengaja memilih jalan kaki mulai dari perempatan Ringin contong menuju ke barat tepatnya di Shoping center Keraton.Banyak sekali aneka macam pedagang kaki lima di depan emperan toko,Namun begitu melihat seorang penjual kerajinan wayang kamipun berhenti.Nggak tahu kenapa saya begitu tertarik untuk melihatnya,alasannya simple sekali.saya teringat masa kecil saat Bapakku selalu memberikan koleksi wayang kulit sebagai mainanku.Kamipun ngobrol panjang lebar dengan penjualnya.

    Namanya Pak Gimo ,asal Ds.Ngaglik-Pule kali-Wonogiri-Jawa tengah.Sudah hampir 5 th Pak Gimo berjualan Wayang mainan di emperan toko Pasar legi Jombang-Jawa timur,penghasilan yang di dapatnya lumayan besar,per harinya di buat rata-rata bisa mendapat Rp.300.000 .jumlah yang besar untuk pendapatan seorang pengrajin wayang mainan.

    Sebuah wayang mainan ukuran sedang bisa terjual dengan harga sepuluh ribu s/d lima belas ribu,tergantung jenis motif wayangnya.Sedangkan untuk jenis yang besar bisa terjual dengan harga lima puluh sampai enam puluh ribu.Perbedaan harga semata karena bahan juga proses pembuatannya yang berbeda.

    gb2 joyodrono

    Untuk bahan dasarnya Pak Gimo menggunakan Kertas Duplex 500gr,satu meter kertas Duplex bisa menghasilkan empat buah wayang untuk ukuran medium sekitar panjang 50cm lebar 20cm.Sedangkan untuk ukuran besar hanya bisa dapat satu wayang,itupun harus double.Menurutnya yang paling mahal bahan dasarnya adalah harga catnya,satu kilo cat emas di beli dengan harga lima ratus ribu,itupun harus di olah sendiri karena masih dalam bentuk serbuk.

    Seratus buah wayang bisa habis terjual hanya butuh waktu empat hari,mulai hari kamis hingga minggu.Sedangkan untuk hari senin sampai rabu Pak Gimo pulang ke Wonogiri kembali membuat kerajinan wayangnya untuk di jual kembali ke Jombang.Begitulah secara kontinuitas,Pak Gimo berada di Jombang mulai hari kamis sampai dengan minggu saja.Segi keuntungan dimiliki Pak Gimo,karena dialah satu-satunya penjual kerajinan wayang yang berada di Kota Jombang.

    Selain sebagai penjual ternyata Pak Gimo juga hafal dengan kisah atau lakon dalam seni pedalangan,ini terbukti ketika iseng-iseng saya tanyakan sebuah nama wayang berikut ceritanya , Begitu detail dia ceritakan sampai tuntas sebuah lakon wayang yang saya tanyakan.

    Salut saya dengannya,seorang pengrajin wayang mainan bisa menyekolahkan anaknya yang berjumlah tiga,satunya di tingkat SMA dan yang satunya sudah kuliah semester dua di daerah Solo – Jawa tengah.

    Begitulah sobat,liburanku yang singkat cukup menambah pengalaman buat saya.

    Salam Blogger.

    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori ARTIKEL dengan judul Kuliah dari hasil Kerajinan Wayang . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2012/02/kuliah-dari-hasil-kerajinan-wayang.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    11 komentar untuk " Kuliah dari hasil Kerajinan Wayang "

    Taman Bacaan mengatakan...

    Benar-benar memotivasi diri kita untuk meniru hal yg serupa

    salam

    juanx criex mengatakan...

    @Taman Bacaan:bener sob.saya juga gak nyangka kalo dengan hasil jualan wayang bisa membeayai kuliah anaknya.

    Terapi qolbu mengatakan...

    hal-hal kecil selalu menyimpan hal-besar jika kita mau menenunnya, seperti air yang menenun batu akhirnya berlubang.

    Stupid monkey mengatakan...

    kerajinan seni seperti ini harus di budayakan, biar gak punah ya sob, tanya dong, sama pak Gimo, terima kursus ga, saya daftar pertama deh, hehe :D

    JIMMY mengatakan...

    artikelnya sangat bermanfat banget sob untuk menyemangati anak2 muda untuk terus maju

    salam blogwalking Hal Penting Sukseskan online Shop

    juanx criex mengatakan...

    @Terapi qolbu:setuju gan.sebuah masukan yang berguna buat saya

    juanx criex mengatakan...

    @Stupid monkey:khusus buat sobat mongkey.ga perlu daftar langsung aja masuk.

    juanx criex mengatakan...

    @JIMMY:benar sob.paling tidak bisa buat motivasi kita

    Beasiswa mengatakan...

    Wah... saya juga salut mas.. kreatif

    juanx criex mengatakan...

    @Beasiswa:makasih sob dah kunjung

    SANI SHOP mengatakan...

    Gebear harga promo murah dan aman di sani-shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS: 0816-597476 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://sani-shop.blogspot.com/.

    Ready Stock!
    BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock!
    Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 800 - Matt Black.Rp.1.700.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia-710-whiteRp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Nokia C2-06 Touch & Type -Dual GSM-Rp.450.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 710 - Black.Rp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black.Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel).Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB.Rp.700.000.
    Ready Stock!
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue.Rp 1.700.000.
    Ready Stock!
    Acer Aspire One AOD270 10.1.-Rp. 1.000.000,-
    Ready Stock!
    Acer TravelMate TM8481-2462G32.Rp. 1.400.000
    Ready Stock!
    Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook.Rp. 1.100.000,-
    Ready Stock!
    Nikon D7000 kit 18-105mm.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr.Rp 1.300.000.
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix L 120 Red.Rp. 900.000
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix P 500 Black.Rp 1.000.000

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google