• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Tradisi Melasti tiga hari sebelum nyepi

    melasti
    Seluruh dunia memiliki cara sendiri untuk mendefinisikan dan merayakan tahun baru mereka. Sebagai contoh, Cina memiliki tahun Imlek dan untuk merayakannya  mereka menyebutnya dalam bahasa mereka sendiri, "Gong Xi Fat Choy". Masyarakat Islam memiliki tahun Muharam mereka, dan sebagian orang di seluruh dunia menggunakan perhitungan kalender Gregorian, karena itu mereka merayakan Tahun Barunya pada tanggal 1 Januari.


    Hal yang sama juga terjadi di Bali, akan tetapi penggunaan perhitungan Bali banyak sistem kalender yang berbeda. Mereka telah mengadopsi kalender Gregorian untuk tujuan bisnis dan pemerintah. Tapi untuk prosesi yang tak ada habisnya hari suci, hari peringatan kuil, perayaan, tarian sakral, membangun rumah, upacara pernikahan, kematian dan proses kremasi dan kegiatan lain yang mendefinisikan kehidupan Bali, mereka memiliki dua sistem kalender. Yang pertama adalah Pawukon (dari kata Wuku yang berarti minggu) dan Sasih (yang berarti bulan). Wuku terdiri dari 30 item mulai dari Sinta, yang Wuku pertama dan berakhir dengan Watugunung yang terakhir. Para Pawukon, sebuah 210-hari ritual kalender dibawa dari Jawa pada abad ke-14, adalah siklus kompleks konjungsi numerologi yang menyediakan jadwal dasar untuk kegiatan ritual di Bali. Sasih, sistem paralel asal India, adalah dua belas bulan lunar kalender yang dimulai dengan vernal equinox dan sama pentingnya dalam menentukan kapan harus menghormati para Dewa.

    Orang Barat membuka Tahun Baru di pesta pora yg meriah, namun, sebaliknya, orang Bali membuka Tahun Baru mereka dalam diam. Ini disebut Hari Raya Nyepi,  yang jatuh pada hari sesudah bulan gelap , dan membuka tahun baru dari era Hindu Saka yang dimulai pada 78 AD.

    Nyepi adalah hari untuk membuat dan menjaga keseimbangan alam. Hal ini didasarkan pada kisah ketika Raja Kaniska I dari India dipilih dalam 78 Masehi Raja ini terkenal karena kebijaksanaan dan toleransi untuk agama Hindu dan masyarakat Budha. Pada usia itu, Aji Saka melakukan Dharma Yatra (Perjalanan misionaris untuk mempromosikan dan menyebarkan Hindu) ke Indonesia dan memperkenalkan tahun Saka.

    Tatacara yang biasa di lakukan sebelum Nyepi adalah sebagai berikut:

    Melasti atau Melis atau Mekiyis (tiga hari sebelum Nyepi)
    Melasti dimaksudkan untuk membersihkan pratima atau arca atau pralingga (patung), dengan simbol yang membantu untuk memusatkan pikiran agar menjadi lebih dekat kepada Tuhan. Upacara ini bertujuan untuk membersihkan seluruh alam dan isinya, dan juga untuk mengambil Amerta (sumber untuk hidup yang kekal) dari laut atau sumber air lainnya (yaitu danau, sungai, dll). Tiga hari sebelum Nyepi, semua patung para Dewa dari semua kuil desa dibawa ke sungai dalam upacara panjang dan penuh warna. Di sana, mereka di mandikan dan di sucikan, sebelum dibawa kembali ke Pure untuk tempat-tempat suci mereka.

    Tawur Kesanga (sehari sebelum Nyepi)
    Tepat satu hari sebelum Nyepi, semua desa di Bali mengadakan upacara eksorsisme besar di persimpangan jalan utama desa, tempat pertemuan dari setan. Mereka biasanya membuat Ogoh-ogoh (monster fantastis atau roh-roh jahat atau Kala Butha terbuat dari bambu) untuk keperluan karnaval.Ogoh-ogoh monster melambangkan roh-roh jahat di sekitar lingkungan kita yang harus menyingkirkan dari hidup kita. Parade karnaval itu sendiri diadakan di seluruh Bali mengikuti matahari terbenam.

    Bleganjur, musik gamelan Bali mengiringi prosesi. Beberapa raksasa yang diambil dari dongeng Bali klasik. Semua memiliki taring, mata melotot dan rambut menakutkan dan diterangi oleh prosesi torches.Ini biasanya diselenggarakan oleh Teruna Seka,organisasi pemuda dari Banjar. Ketika Ogoh-ogoh yang sedang dimainkan oleh Teruna seka, semua orang menikmati karnaval. Untuk membuat hubungan harmonis antara manusia dan Tuhan, manusia dan manusia, dan manusia dan lingkungan mereka, Tawur Kesanga dilakukan di setiap tingkat masyarakat, dari rumah rakyat. Pada malam hari, orang Hindu merayakan Ngerupuk, mulai membuat suara-suara dan cahaya obor menyala dan membakar Ogoh-ogoh untuk mendapatkan Bhuta Kala , roh jahat, keluar dari hidup kita.

    Nyepi
    Pada hari Nyepi itu sendiri, setiap jalan terlihat tenang  tidak ada yang melakukan kegiatan normal mereka sehari-hari. Biasanya ada Pecalang ( petugas keamanan tradisional Bali) yang mengontrol dan memeriksa keamanan jalan. Pecalang mengenakan seragam Kamen Poleng  dan udeng atau destar (tradisional Bali "topi" yang biasa dipakai dalam upacara). Tugas Pecalang utama adalah tidak hanya untuk mengontrol keamanan jalan, tapi juga untuk menghentikan kegiatan yang mengganggu Nyepi. Lalu lintas tidak diperbolehkan, tidak hanya mobil tetapi juga orang, yang harus tinggal di dalam rumah mereka sendiri.

    Tidak ada Cahaya sama sekali, radio atau TV dilarang, tentu saja, tidak ada yang bekerja. Bahkan berhenti dari kegiatan semua waktu luang,benar-benar Bali dalam Keheningan. Sepanjang hari hanya diisi dengan gonggongan beberapa anjing, yang melengking serangga dan merupakan hari tenang sederhana panjang di kalender pulau ini yang super sibuk. Pada Nyepi dunia diharapkan menjadi bersih dan semuanya dimulai lagi, dengan Manusia menunjukkan kontrol simbolik di atas dirinya sendiri dan "kekuatan" Dunia, maka kontrol agama sangatlah wajib.

    Ngembak Geni (sehari setelah Nyepi)
    Ngembak adalah hari ketika Catur Berata Penyepian selesai dan masyarakat Hindu biasanya mengunjungi untuk saling memaafkan dan melakukan Canthi Dharma. Dharma Canthi adalah kegiatan membaca Sloka, Kekidung, Kekawin, dll (skrip kuno berisi lagu-lagu dan lirik).

    Dari sudut agama dan filsafat pandang, Nyepi dimaksudkan untuk menjadi hari introspeksi diri untuk memutuskan nilai-nilai, kemanusiaan misalnya, cinta, kesabaran, kebaikan, dll, yang harus disimpan selamanya. Umat Hindu Bali memiliki berbagai macam jenis perayaan (beberapa hari suci) tapi Nyepi adalah yang paling penting dari hari keagamaan di pulau itu dan larangannya harus di patuhi, terutama di desa-desa di luar sabuk wisata selatan Bali. Hotel yang membebaskan dari praktek-praktek yang ketat Nyepi, semua jalan-jalan di luar akan ditutup untuk kedua pejalan kaki dan kendaraan (kecuali untuk angkutan bandara atau kendaraan darurat) dan sipir desa (pecalang) akan diposting untuk mencegah orang dari pantai. Jadi di mana pun Anda kebetulan tinggal di Hari Nyepi di Bali, ini akan menjadi hari yang baik untuk menghabiskan waktu dan ikut mersakan suasana nyepi. Memang hari Nyepi telah membuat Bali sebuah pulau yang unik.

    Itulah sobat sedikit pegetahuan yang saya dapatkan dari I Made Arsana,seorang teman yang bermukim di Ds Cepaka-Selinsing -Kediri - Tabanan -Bali.alangkah bersyukurnya kita bahwa negara ini memiliki keaneka ragaman tradisi. Dan kewajiban kitalah untuk saling menghormati dan menghargainya.sobat bisa juga membaca artikel saya yang berkaitan dengan tradisi Bali DISINI

    Semoga bisa menambah wawasan budaya bagi kita.



    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori ARTIKEL dengan judul Tradisi Melasti tiga hari sebelum nyepi . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2012/03/tradisi-melasti-tiga-hari-sebelum-nyepi.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    4 komentar untuk " Tradisi Melasti tiga hari sebelum nyepi "

    ENI ENDEAVOR mengatakan...

    Selamat hari raya Nyepi buat saudaraku, seluruh umat Hindu di Indonesia dan Dunia. Semoga kita semua mendapatkan semua kebaikan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

    Unknown mengatakan...

    @BLOG PUNYA ENI LIDIA:smoga kita selalu di tunjukkan jalan kebenaran

    Riskah ball import mengatakan...

    Gebear harga promo murah dan aman di sani-shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS: 0816-597476 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://sani-shop.blogspot.com/.

    Ready Stock!
    BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock!
    Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 800 - Matt Black.Rp.1.700.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia-710-whiteRp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Nokia C2-06 Touch & Type -Dual GSM-Rp.450.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 710 - Black.Rp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black.Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel).Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB.Rp.700.000.
    Ready Stock!
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue.Rp 1.700.000.
    Ready Stock!
    Acer Aspire One AOD270 10.1.-Rp. 1.000.000,-
    Ready Stock!
    Acer TravelMate TM8481-2462G32.Rp. 1.400.000
    Ready Stock!
    Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook.Rp. 1.100.000,-
    Ready Stock!
    Nikon D7000 kit 18-105mm.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr.Rp 1.300.000.
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix L 120 Red.Rp. 900.000
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix P 500 Black.Rp 1.000.000

    ajis maulana mengatakan...

    selama nyepi ga boleh melakukan kegiatan apapun

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google