• Puisi
  • TV Online
  • Radio online
  • Live score Bola
  • Film
  • Games
  • Tukar Link
  •  joyodrono
    Diberdayakan oleh Blogger.

    Awasi dan bimbing anak saat ber-Internet

    anak saat ber-Internet
    Penggunaan internet oleh anak-anak patut mendapat dari orangtua.Perlindungan itu sangat penting agar anak-anak bisa menghindari mengakses konten-kontent yang tidak layak.Bimbingan ini pun harus di sesuaikan dengan usia mereka.Pasalnya,harus di sadari bahwa makin bertambahnya usia ,anak-anak makin melek internet dan rasa ingin tahunya kian sulit untuk di cegah.Orangtua harus bisa arif dan dapat membimbing anak-anaknya dengan Elegan.Berikut ini adalah panduan bimbingan yang di keluarkan oleh The American Academy of Pediatricians(AAP) dan Microsoft.

    Panduan ini di keluarkan agar memudahkan orangtua mengawasi anak-anak dalam penggunaan imnternet sesuai dengan kategori umurnya.Panduan itu bisa di sesuaikan dengan kondisi anak itu sendiri.Lakukan hal sebagai berikut:

    Pada anak usia di bawah 10 th lakukan pengawasan sampai mereka berusia 10 th.Meski bisa memakai bantuan Tools keamanan di internet untuk mengakses kegiatan online,Anak-anak yang terlibat di internet sebaiknya di damping.Orangtua sebaiknya Duduk bersama anak ketika berada di depan Monitor.Beberapa cara ini bisa di terapkan pada buah hati yang berusia 2-10 th.

    1.Ngobrol dengan santai bersama anak-anak.selalu siapserta terbuka pada setiap pertanyaan yang mereka ajukan,adalah langkah awal yang baik.Penuhi rasa penasaran mereka denagan diskusi yang sehat dan positif.

    2.Ciptakan aturan pemakaian internet.

    3.Katakan pada mereka untuk tidak membagi informasi pribadi seperti nama asli,alamat,nomor telepon,atau password dengan orang yang mereka temui di online.

    4.Jika ada situs yang menghimbau agar menyetorkan nama,maka bantu anak-anak untuk menciptakan nama alias.

    5.Semua anggota keluarga harus bisa menjadi panutan yang baaik bagi anak-anak yang bari mengenal Dunia jagat maya.

    Usia 11 – 14 th,Anak – anak di usia seperti ini sudah labih banyak mengenal internet.Namun pengawasan dan monitoring harus tetep di lakukan untuk memastikan mereka tidak mengakses content Dewasa.Pastikan mereka juga benar-benar mengerti dengan apa yang boleh Di share di internet dan apa yang tidak.Berikut langkah monitoring untuk anak-anak usia 11-14 th :

    1.Dorong dan pancing anak-anak untuk bercerita jika mereka menjumpaisesuatu atau seseorang yang membuat mereka tidak nyaman atau terancam saat berada di dunia online.Tetap tenang dan perlu puji keberaniannya untuk berterus terang.Katakan pada mereka bahwa si anak bisa di andalkan apabila terjadi sesuatu yang sam lagi.

    2.Tempatkan computer yang terkoneksi di ruangan terbuka untuk memudahkan pengawasan.

    Usia 15 – 18 th,Dalam golongan usia ini remaja hamper memiliki akses yang tidak terbatas di internet.Mereka lebih melek internet tetapi tetap membutuhkan peran orangtua untuk mengingatkan mereka tentang batasan-batasan keamanan di dunia Online.Berikut adalah tip yang sekiranya bisa di lakukan guna melindungi mereka dari bahaya di internet :

    1.Tetap jaga komunikasi yang terbuka dan positif pada mereka.Jangan berhenti berdiskusi mengenai teman-teman dan kegiatan mereka di internet.

    2.Berikan aturan mengenai penggunaan internet,termasuk pembatasan jam ber-internet ria.Informasi yang tidak seharusnya di umbar di online,seperti yang telah kita ketahui bersama di facebook sangat banyak sekali status yang sebenarnya tidak perlu di ungkapkan.

    3.Kenali situs yang sering mereka kunjungi dan siapa-siapa yang di ajak berkomunikasi.Dan yang paling penting katakana pada mereka untuk tidak bertemu dengan orang yang baru di kenal via internet.

    4.Sesekali Ambilah topic mengenai content Dewasa serta pornografi saat sedang ngobrol dengan mereka.Kemudian arahkan mereka untuk mengungjungi situs-situs kesehatan dan seksualitas.

    5.ajari dan terapkan pada mereka mengenai tanggung-jawab,etika dan perilaku online .Tak seharusnya mereka memakai internet guna menyebarkan gossip,melakukan aksi Bullying atau mengancam orang lain.Sarankan pada mereka pada hal positif dengan membuat Blog sebagai kegiatan positifnya.

    6.Jangan sekali-kali mereka melakukan transaksi online tanpa seizing orangtua,termasuk memesan,membeli barang di online jika tanpa sepengetahuan yang jelas dari orangtua.

    Demikian tadi beberapa tip memonitoring anak di dunia online mudah-mudahan bisa di jadikan pedoman.

    Di tulis Oleh :


    Translate to : by

    postingan ini berkategori ARTIKEL dengan judul Awasi dan bimbing anak saat ber-Internet . Jangan lupa menyertakan URL http://joyodrono-cahmabung.blogspot.com/2012/12/awasi-dan-bimbing-anak-saat-ber-internet.html . Jika ingin memposting ulang . Terima kasih!

    9 komentar untuk " Awasi dan bimbing anak saat ber-Internet "

    Andi Hasbi Jaya mengatakan...

    Mantapzz Pak atas infonya bagus untuk jadikan referensi saya dalam membimbing anak anak dan keluarga dirumah BTW Untuk Opsi Komentar opsi Name/URL kok gak ada setiingannya blog agan belum di robah jadi DO foolow jadi opsi Name/URL belum berfungsi kayaknya..Nice Share Keep spirit be Happy blogging

    juanx criex mengatakan...

    makasih untuk apresiasinya,karena kesibukan dunia nyata,jadi jarang kami memperhatikan setingan gan.

    TK Unggulan di Solo mengatakan...

    kita sebagai ortu haruslah mengawasi anak2 dengan semestinya.. jadi jgn biarkan internet merusak akhlak dan moral anak kitaa... makasih gan

    TK Unggulan di Solo mengatakan...

    sangat membantu nih artikel.. krn kita bisa tau bagaimana cara mengawasi anak dalam proses belajar internet.. thanks bang hehe

    Paud Unggulan di Solo mengatakan...

    memang internet berdampak besar pada perkembangan anak. tp kita juga harus membatasi anak dengan hal yg positif lainnya tdk hanya dengan internet.

    Paud Unggulan di Solo mengatakan...

    walau anak kita suka dengan internet. bukan berarti semua keinginan anak harus dipenuhi. ada kalanya kita sebagai ortu harus memberikan kasih sayang kepada anak

    TK Favorite di Solo mengatakan...

    good job bang.. jadi menginspirasi nihh wkwk

    TK Favorite di Solo mengatakan...

    terimakasih kak... sangat bermanfaat artikelnyaa...

    Paud Favorite di Solo mengatakan...

    mantab kang... internet memang sudah makanan sehari2 untuk manusia. tanpa internet manusia menjadi gelisah seperti di phk.. ehh ups hehe

    On Facebook

    Pengikut

    On Twitter

    News Google